Gila! Indonesia Jadi Negara Nomor 2 Pendengar KPOP Terbanyak di Spotify

The power of KPOPers Indonesia! Kini Indonesia resmi dinobatkan jadi negara nomor 2 sebagai pendengar KPOP terbanyak di Spotify.

Apa yang bakal terlintas di pikiranmu saat mendengar aplikasi streaming lagu? Hm, mungkin kamu atau bahkan mayoritas orang di Indonesia bakal langsung terpikirkan Spotify.

Nggak heran sih. Pasalnya Spotify memang gudangnya lagu-lagu hits. Beragam genre lagu bisa kamu temukan dengan mudah di sini.

Tapi bicara soal genre lagu, KPOP jadi salah satu genre yang paling populer di Spotify lho. Bahkah saking populernya, Spotify sampai bikin playlist khusus yang bernama “K-Pop Daebak” pada tahun 2014.

Nggak terasa, sekarang playlist “K-Pop Daebak” sudah berumur 7 tahun. Buat merayakan ulang tahunnya yang ke-7, baru-baru ini Spotify merilis berbagai fakta menarik soal playlist ini.

Sumber : Spotify

Pertama, ternyata selama 7 tahun terakhir, playlist “K-Pop Daebak” telah diputar selama hampir 5,3 miliar menit atau lebih dari 88 juta jam!

Sumber : Spotify

Selain itu, kelompok usia yang paling banyak mendengarkan playlist ini adalah Gen Z. Lebih dari setengah pendengar berasal dari usia 18 – 24 tahun (51%), lalu usia 25 – 19 tahun (20%), lalu usia 17 tahun ke bawah (13%).

Nggak cuma itu, Spotify juga turut membeberkan 10 negara dengan jumlah streaming terbanyak. Dan tahu kah kamu dari sekian negara, rupanya Indonesia jadi negara nomor 2 pendengar KPOP terbanyak di Spotify!

Sumber : Spotify

Seperti yang kamu lihat dalam data yang diunggah oleh Spotify, Amerika Serikat menjadi negara pertama sebagai pendengar KPOP paling banyak di Spotify.

Kemudian nomor dua ditempati oleh Indonesia. Lanjut ada negara Filiphina, Malaysia, Taiwan, Singapura, Thailand, Canada, Brazil dan Australia.

Wah kalau melihat fenomena-fenomena KPOP yang ada di Indonesia akhir-akhir ini, rasanya memang nggak kaget kalau Indonesia bisa sampai urutan nomor 2.

Contohnya beberapa bulan lalu saat McDonald kolaborasi sama BTS buat meluncurkan menu BTS Meal. Antusiasme orang Indonesia ‘ngeri banget’ bahkan sampai rebutan bungkus makanan. Nggak cuma itu, tagar #BTSMeal pun sampai bertengger di Twitter berhari-hari.

Nggak cuma itu, minat orang indonesia dengan KPOP juga bisa dilihat dari hal lain. Contohnya, sekarang banyak toko online yang mengundang idol-idol KPOP untuk memeriahkan konser virtual mereka.

Seperti Tokopedia yang kemarin sempat mengundang BTS, BLACKPINK, TWICE, NCT, aespa. Lalu Shopee juga sempat mengundang BLACKPINK, TWICE, Secret Number, dll.

Nah faktor yang nggak kalah penting, persaingan KPOP zaman sekarang beda sama yang dulu guys! Kalau dulu mungkin KPOP cuma fokus ke penjualan album dan menciptakan lagu-lagu yang enak didengar, sekarang beda.

Selain tetap fokus ke penjualan album fisik, agensi-agensi KPOP sekarang juga mulai menginvasi platform streaming lagu atau pun video.

Menariknya, kini setiap kali ada grup KPOP yang berhasil mencetak rekor di platform streaming, itu bisa membantu mendongkrak popularitas global mereka lho (contohnya BLACKPINK dan BTS yang berhasil mencetak rekor MV KPOP dengan miliaran viewers). Intinya hal tersebut menggambarkan kalau mereka telah diakui secara internasional.

%d blogger menyukai ini: