Inilah Alasan Mengapa Toko Online Jadi Favorit Saat Imlek

Perayaan Imlek atau Tahun Baru China sebentar lagi akan datang. Imlek sendiri telah menjadi salah satu identitas keberagaman di Indonesia. Sejak tahun 2003, Imlek sudah dijadikan sebagai hari libur nasional.

Namun perayaan Imlek tidak hanya dirayakan oleh warga Tionghoa, namun dirayakan juga oleh berbagai lapisan masyarakat di Indonesia.

Imlek adalah hari perayaan yang didominasi oleh warna merah. Warna merah sendiri diartikan sebagai kemeriahan dan kesenangan.

Oleh karena itu, warga Tionghoa yang merayakan Imlek menunjukkan bahwa perayaan harus meriah dan penuh kesenangan.

Salah satu hal yang paling diburu saat Imlek adalah buah jeruk. Hal ini karena orang Tionghoa beranggapan jika jeruk dianggap sebagai emas.

Dalam dialek Kanton, Jeruk terdengar serupa dengan sebutan emas. Maka dengan menyajikan dan makan jeruk bisa menjadi pertanda kemakmuran dan rezeki.

Selain beberapa hal di atas, semarak perayaan Imlek memang tidak akan lengkap tanpa adanya tradisi pemberiang angpau, menyalakan kembang api, membeli pakaian baru, maupun perlengkapan lain.

Beberapa tahun lalu mungkin masyarakat lebih suka membelanjakan uang mereka di pusat perbelanjaan, maupun pasar untuk menyambut Imlek.

Namun saat ini hal tersebut sudah berbeda. Sebab masyarakat lebih berminat melakukan belanja online untuk merayakan momen tersebut.

Shopback sendiri telah melakukan survei kepada 1.100 responden usia 18-28 tahun di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan dan Makassar. Survei tersebut mengenai kebiasaan masyarakat Indonesia menjelang Imlek.

Dari survei tersebut, ditemukan 60,3% reponden mengaku, jika mereka lebih suka membeli berbagai perlengkapan Imlek di toko online.

Hal tersebut karena toko online dirasa lebih efisien, murah, serta mudah dilakukan. Apalagi belanja online bisa dilakukan kapan dan dimana saja.

Selain data tersebut,Β  Shopback juga mendapat beberapa data lain yang berhubungan dengan Imlek. Data-data tersebut antara lain:

5 Toko Online Favorit saat Imlek

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Shopback, Shopee menjadi pilihan utama masyarakat saaat berbelanja online untuk kebutuhan Imlek.

Shopee meraih persentase 32%, yang diikuti Tokopedia sebesar 26%, Lazada 21%, Matahari Mall 10%, kemudian ada Zalora yang hanya memperoleh persentase 4%.

Beli Perlengkapan Imlek Seminggu Sebelum Perayaan

Sumber Gambar : Product Nation

Sebanyak 40,1% responden mengaku, jika mereka sudah mulai membeli perlengkapan Imlek seminggu sebelum hari-H.

Sementara sebanyak 24% responden menyatakan, jika mereka mulai membeli perlengkapan Imlek dua minggu sebelum hari-H, serta 16,4% lainnya sebulan sebelum hari-H.

Sementara berdasarkan Google Trends, keyword pencarian seputar kebutuhan Imlek mulai marak seminggu sebelum Imlek berlangsung.

Bahkan dalam satu bulan terakhir, masyarakat sudah mulai mencari beragam informasi seputar pernak-pernik Imlek.

[irp posts=”61328″ name=”5 Keuntungan Mempunyai Toko Online yang Perlu Kamu Ketahui”]

Uang Angpau untuk Beli Barang dan Ditabung

Sumber Gambar : Bukalapak

Dari 42,9% responden mengaku jika masih menerima Angpau, maka mereka akan menyisihkan sebagian uang tersebut untuk ditabung.

Dan nilai rata-rata keseluruhan responden akan menyimpan sebanyak 52% dari uang Angpao sebagai tabungan, serta 48% sisanya digunakan untuk belanja (membeli barang/produk, makan-makan, jalan-jalan).

Wanita Lebih Suka Beli Baju Imlek di Toko Online

Sumber Gambar : Shopback

Imlek memang tidak terlepas dari tradisi membeli baju baru. Biasanya, baju yang identik dengan perayaan ini adalah bernuansa merah.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Shopback, lebih dari setengah responden (54,9%) mengaku membeli baju baru untuk merayakan Imlek di toko online.

Kebiasaan tersebut jauh berbeda dengan pria. Dimana pria lebih suka membeli baju Imlek secara offline seperti mal, toko baju atau butik.

%d blogger menyukai ini: