Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Inilah Pilihan Aplikasi Alternatif Terbaik Untuk Adobe Illustrator di Mac

Indri Penulis
Last updated:

Dalam dunia desain grafis, ada software berbasis vector seperti Adobe Illustrator yang sudah populer. Nah, kalau kamu mencari aplikasi alternatif Adobe Illustrator untuk Mac, di sini kami sajikan beberapa pilihannya..

Adobe Illustrator sering dianggap sebagai standar aplikasi desain grafis berbasis vector untuk Mac. Mirip dengan Adobe Photoshop di bidang pengolah gambar berbasis pixel.

Alasan Tidak Memakai Adobe Illustrator

Yah, ada beberapa alasan yang bisa kita sebutkan dalam hal ini. Mulai dari sisi penggunaan sampai ke masalah biayanya.

Mungkin ada yang menganggap tampilan antarmuka (UI) Illustrator terlalu rumit alias tidak mudah dipahami. Mungkin adapula yang tidak suka dengan sistem berlangganan Adobe Creative Suite. Mungkin, karena harga yang relatif mahal, ada yang memilih aplikasi gratis.

Nah, untuk menjawab pertanyaan apa aplikasi alternatif Adobe Illustrator, berikut ini kami hadirkan beberapa pilihan terbaik yang ada.

Alternatif Adobe Illustrator Berbayar & Gratis di Mac

Inilah beberapa program atau aplikasi — baik berbayar maupun gratis — yang bisa menjadi pilihan selain Adobe Illustrator.

Affinity Designer

affinity designer

Affinity Designer merupakan salah satu aplikasi vector yang populer. Aplikasi ini memiliki fitur yang banyak. Selain itu, Affinity Designer juga sudah dioptimalkan untuk komputer Mac dengan chipset Apple Silicon (M1, M2, dst).

Di Mac App Store, Affinity Designer memiliki harga Rp899.000.

Amadine

amadine

Amadine mungkin terhitung sebagai aplikasi vector paling baru dibanding yang lain. Walau begitu, aplikasi buatan BeLight Software ini tidak kalah impresif. Fiturnya banyak dan tampilan aplikasinya pun keren.

Amadine memiliki harga yang menarik, yaitu Rp479.000 di Mac App Store.

CorelDRAW

coreldraw

CorelDRAW mungkin merupakan pesaing Adobe Illustrator yang paling dekat. Aplikasi ini tidak kalah populer, apalagi di Indonesia. Aplikasi ini sempat tidak tersedia untuk Mac. Namun kini CorelDRAW kembali hadir untuk macOS.

Baca Juga:  Cara Menghentikan Aplikasi Secara Paksa (Force Quit) di Mac

Di Mac App Store, CorelDRAW bisa kamu download untuk penggunaan seminggu secara gratis. Namun, kemudian pemakaiannya mengharuskan berlangganan. Di website resmi tersedia CorelDRAW Standard untuk pembelian sekali bayar.

Inkscape

gambar: Tim Jones

Inkscape merupakan salah satu aplikasi desain vector gratis senior. Tampilannya mungkin sedikit kurang menarik dan agak terlihat rumit. Tapi kalau kamu sudah terbiasa, kamu tetap bisa berkarya dengan baik.

Vectr

aplikasi alternatif illustrator di mac
Sumber Gambar : Medium

Vectr merupakan salah satu aplikasi desain grafis online. Aplikasi ini punya tampilan yang cukup sederhana dan mudah digunakan. Karena online, tentu kamu hanya membutuhkan modal browser saja. Kalau kamu pakai Chrome, bahkan tersedia ekstensinya.

Vectornator

vectornator

Vectornator mungkin merupakan aplikasi alternatif Adobe Illustrator gratis terbaik untuk Mac. Aplikasi ini punya banyak fitur dan punya tampilan antarmuka yang bagus, Bahkan aplikasi ini juga mendukung berbagai format, seperti AI, PDF, Figma, SVG, dll.

Kamu bisa mendapatkannya di Mac App Store. Tinggal klik dan coba.

Pakai Alternatif Yang Mana?

Untuk pilihan berbayar, dari sisi harga aplikasi Amadine jelas bisa jadi pilihan karena lebih terjangkau. Tapi mengingat kepopuleran CorelDRAW, aplikasi vector ini juga bisa jadi pilihan yang baik.

Sedangkan untuk versi gratis, aplikasi Vectornator adalah pilihan terbaik. Karena memang punya fitur yang memadai dan tampilannya enak dipakai.

Kalau kamu sudah pernah memakai Adobe Illustrator sebelumnya, mungkin hambatan terbesar beralih ke program lain adalah kebiasaan memakai berbagai tool di dalamnya. Tapi toh lama-lama juga pasti akan terbiasa.

Jadi silakan tentukan pilihanmu dan selamat mencoba.