Inilah Alternatif Adobe Illustrator untuk Perangkat Mac

Dalam dunia desain grafis, ada aplikasi khusus seperti Adobe Illustrator. Berikut ini beberapa aplikasi alternatif Adobe Illustrator yang cocok untuk perangkat Mac.

Adobe Illustrator sering dianggap sebagai standar aplikasi desain grafis untuk Mac. Namun sebenarnya di luar sana masih ada aplikasi alternatif lain.

Bagi yang sudah terbiasa dengan Illustrator, tidak ada salahnya mencoba aplikasi lain. Setidaknya, aplikasi alternatif menyajikan harga yang lebih murah bahkan gratis.

Jika kalian mencari aplikasi desain grafis Mac untuk proyek selanjutnya, berikut ini beberapa aplikasi desain grafis alternatif untuk Mac:

Inkscape

Sumber Gambar : Mac Updates

Inkscape bisa dikatakan sebagai aplikasi vector gratis yang paling fleksibel untuk Mac. Aplikasi ini memiliki banyak jam terbang dan hampir bisa disejajarkan dengan Adobe Illustrator.

Inkscape menggunakan model pengembangan open source, dan mereka sangat bangga dengan W3C open standard SVG. Inilah yang membuatnya aplikasi editor SVG paling ramah pengguna perangkat Mac.

Saat pertama menggunakan Inkscape, kalian mungkin merasa sedikit bingung. Untuk mengatasi hal ini, kalian dapat menemukan solusi di Inkscape forums.

Sayangnya, pengguna Mac perlu mengunduh XQuartz untuk menjalankan Inkscape. Mungkin ini agak mengganggu bagi kalian yang tidak suka hal merepotkan.

Download

Vectr

aplikasi alternatif illustrator di mac
Sumber Gambar : Medium

Vectr merupakan salah satu aplikasi desain grafis online. Tapi kalian juga bisa menjalankan Vectr versi desktop melalui MacOS.

Aplikasi ini hadir dengan slogan β€˜free forever.’ Semua tools yang ada di dalam aplikasi ini fokus pada gambar vector kreatif seperti logo, brosur dan poster. Aplikasi ini juga mampu menjadi alternatif Adobe Illustrator di Mac dengan cukup baik. 

Vectr menyediakan panduan pengguna dan tutorial yang komprehensif. Jadi kalian bisa mempelajari tata cara menggunakannya secara efektif dan mudah.

Kunjungi Website

LibreOffice Draw

Sumber Gambar : LibreOffice

LibreOffice Draw adalah alternatif open source paling populer untuk Microsoft Office. Aplikasi ini dilengkapi dengan program menggambar vector yang disebut β€˜Draw.’

Meski terkenal di kalangan pengguna Microsoft, tapi aplikasi ini bisa digunakan di perangkat Mac. Bahkan aplikasi tersebut bisa membantu kalian dalam membuat diagram jaringan yang artistik.

Sayangnya, aplikasi ini tidak punya fitur lengkap seperti program lain. Namun jangan khawatir, karena LibreOffice masih menyajikan berbagai tools standar untuk desain grafis.

Aplikasi ini ditujukan untuk pengguna yang ingin membuat diagram. LibreOffice juga memiliki kemampuan untuk membuat gambar teknis dan brosur.

Perlu diperhatikan bahwa aplikasi ini kurang cocok untuk membuat karya seni. LibreOffice lebih cocok untuk membuat rancangan kerja. Sedangkan untuk karya seni, lebih baik gunakan Inkscape.

Download

DrawBerry

Sumber Gambar : Alternative To

Sebenarnya DrawBerry ini tidak terlalu β€˜wow’ seperti aplikasi sebelumnya. Tapi DrawBerry masih layak dicoba bagi pengguna Mac.

Aplikasi ini sangat ringan meski tidak dilengkapi fitur canggih. Namun kesederhanaan DrawBerry justru yang menjadi daya tariknya.

DrawBerry lebih cocok untuk pekerjaan yang tidak membutuhkan editor vektor kelas atas. Misal kalian ingin membuat logo sederhana tapi minim budget, maka cobalah DrawBerry.

Download

Boxy SVG

Sumber Gambar : iHeart PageLines

Boxy merupakan sejenis aplikasi vektor yang mirip seperti Inkscape. Aplikasi ini dapat mengimpor dan mendukung ekstensi file SVG, PNG, JPED, dan GIF.

Saat menggunakan Boxy, semua tools telah didukung dengan bentuk yang telah ditetapkan. Hal ini juga berlaku untuk tools gradien dan pola.

Boxy sangat ringan dan cocok untuk membuat karya seni. Sayangnya aplikas ini tidak gratis. Kalian harus membayar $10 atau sekitar Rp 143.000 untuk dapat menggunakannya.

Download