Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

LENGKAP! Inilah Jenis Format Gambar Digital yang Banyak Dipakai Orang

Indri Penulis

Apa saja format gambar digital yang ada di dunia ini? Untuk mengetahui jawaban lengkapnya, kamu bisa langsung baca ulasan kami berikut ini.

Bicara soal format gambar, format apa yang paling familiar buat kamu? Hmmm.. Mungkin yang akan langsung terlintas di pikiranmu adalah JPEG, GIF dan PNG ya? Hehehe.. Nggak heran sih, soalnya ketiga format itu memang paling sering nongol saat kita menyimpan file gambar.

popculture.id

Tapi tahu nggak, sebenarnya ada ‘buanyak’ sekali format gambar digital yang ada di tengah-tengah kita lho. Menariknya setiap jenis format gambar dioptimalkan untuk kegunaan yang berbeda. Nah buat menambah wawasan, kali ini saya telah merangkum berbagai format gambar digital yang lazim kita digunakan. Yuk langsung saja simak ulasannya!

Kategori Gambar Digital (Raster vs Vektor)

Kategori gambar digital dibagi menjadi dua, yakni gambar raster dan juga vektor. Lantas apa perbedaan dari kedua format gambar tersebut? Mari kita lihat.

Apa Itu Gambar Raster?

Gambar raster adalah gambar yang terdiri dari grid/kisi kecil, atau titik-titik persegi bernama piksel. Setiap piksel berisi warna, yang tertata untuk membentuk sebuah elemen visual.

Salah satu karakteristik gambar raster adalah kualitasnya yang berhubungan dengan jumlah panjang x lebar gambar dalam pixel. Hal ini sering disebut dengan resolusi. Misalnya 1080 x 720.

Sebagai contoh, kalau kamu memperbesar gambar dari ukuran resolusi semula, akan ada tambahan piksel yang mengisi gambar yang tidak sesuai dengan aslinya. Sehingga, gambar pun menjadi buram, atau kadang disebut gambarnya ‘pecah.’

Gambar raster juga sering disebut dengan istilah bitmap.

Apa Itu Gambar Vektor?

Gambar vektor merupakan gambar yang disusun dari jalur/ garis yang didasarkan pada persamaan matematika (dihubungkan garis dan kurva). Gambar ini bisa tersusun dari garis lurus, persegi atau bahkan berbentuk melengkung.

Karaktertistik format ini adalah jika gambar dibuka dengan aplikasi yang sesuai, maka gambar tersebut bisa diperbesar dan diperkecil tanpa merusak kualitas gambar. Oleh karena itu, format vektor biasanya dipakai untuk membuat gambar-gambar logo, ikon atau font.

Jenis Format Gambar Paling Umum

JPG & JPEG

Sebenarnya tidak ada perbedaan antara JPG dan JPEG. Mereka berdua adalah format gambar raster yang sama, tapi dengan akronim dan juga ekstensi file yang berbeda. Karena pakai kompresi lossy, JPEG bakal menghilangkan beberapa data untuk mengurangi ukuran file (dan juga bakal menurunkan kualitasnya).

Saat ini format JPG dan JPEG adalah format gambar yang paling banyak dipakai di website. Kenapa? Sebab waktu muat gambar format ini relatif cepat. Selain itu format ini juga mendukung semua browser dan OS serta menawarkan kompresi relatif optimal.

PNG

PNG adalah singkatan dari Portable Network Graphics, dan termasuk jenis gambar raster. Format ini memiliki kualitas lebih tinggi dibanding JPEG, dan mendukung latar belakang transparan.

Inilah yang membuat PNG sering dipakai untuk logo, teks, ikon, atau banner untuk kepentingan digital. Selain ini PNG juga sangat bagus untuk visual berkualitas tinggi seperti karya seni desain dan juga foto buat website portofolio.

GIF

GIF adalah singkatan dari Graphics Interchange Format, dan termasuk gambar raster. Gambar GIF punya keterbatasan untuk cakupan warna dibanding format gambar lainnya.

Keunikan format GIF mendukung konten animasi atau video pendek. Jadi sering dipakai sebagai meme. Tapi kini efektivitas GIF sudah kalah dibandingkan format video biasa (kadang dengan durasi dan resolusi yang sama, video lebih kecil ukuran file-nya).

Hal unik lain adalah perdebatan cara pengucapan GIF dalam bahasa Inggris yang terus berlangsung hingga kini. Apakah dibaca dengan huruf G (seperti Garden) atau J (Giraffe)?

TIFF

TIFF atau Tagged Image File Format adalah format gambar raster yang biasa dipakai untuk printing karena kualitasnya yang tinggi. Mayoritas perangkat scanner juga pakai format TIFF demi menjaga kualitas gambar / dokumen yang dipindai.

Dengan format ini, kamu bisa pertahankan beberapa layer sehingga dapat mengedit gambar lebih lanjut. Tapi konsekuensinya, ukuran gambar jadi nggak main-main besarnya!

BMP

BMP atau Bitmap merupakan format gambar raster yang menghasilkan sedikit sekali / sama sekali tidak ada kompresi pada file tertentu.

Tapi perlu kamu tahu, ukuran file BMP lebih besar dan tidak praktis ketika disimpan atau diproses. Selain itu kualitas gambarnya juga nggak lebih baik dari PNG / WebP. Makanya format ini bukan pilihan terbaik buat website.

RAW

RAW adalah format yang dipakai kamera digital untuk menyimpan gambar berkualitas penuh (umumnya gambar paska produksi seperti retouching foto). Disebut RAW untuk mengindikasikan gambar yang mentah atau mendapat pengolahan minimal (raw dalam bahasa Inggris berarti mentah).

Format ini sangat fleksibel karena kamu bisa mengubah warna dan kontras file RAW dalam proses paska produksi secara detil. Sebab format gambar ini memuat data informasi nuansa dan warna lebih banyak.

Kelemahan file ini adalah dia memiliki ukuran super besar hingga ratusan megabyte. Format RAW sangat tidak cocok untuk website atau file sharing karena membutuhkan waktu muat yang sangat lama.

HEIF & HEIC

HEIF (High Efficiency Image Format) dan HEIC (High Efficiency Image Container) merupakan format yang lebih baru dan mampu melakukan kompresi file dengan lebih optimal.

format gambar digital

Sebenarnya format tersebut dibuat untuk menyaingi JPEG. Terutama karena kompresi yang efisien untuk penggunaan di media digital.. Dengan ukuran file yang sama, HEIF bisa menyajikan kualitas gambar yang jauh lebih bagus daripada JPEG.

Format HEIC akan sering kamu temukan di perangkat Apple, seperti iPhone dan iPad, sejak iOS 11. Canon mengikuti penggunaan HEIC pada tahun 2019.

WebP

WebP adalah format gambar yang dikembangkan oleh Google secara khusus untuk memberikan kompresi gambar lossless dan lossy lebih bagus, juga mendukung gambar animasi dan transparansi.

Mengubah JPEG dan PNG ke WebP bisa membantu menghemat ruang disk server dan juga bandwidth secara signifikan. Ukuran file gambar juga bakal menyusut 35% lebih kecil dengan kualitas yang masih sama.

PSD

PSD atau Photoshop Document adalah format gambar dari aplikasi Adobe Photoshop buat menyimpan gambar dan juga pekerjaan yang masih belum selesai 100% (kamu bisa mengedit gambar PSD sewaktu-waktu).

Umumnya format ini punya ukuran file yang besar karena memuat semua elemen visual Adobe Photoshop seperti layer, mask dan juga filter.

AI

AI atau Adobe Illustrator Artwork merupakan format asli software Adobe Illustrator. Dalam format ini kamu bisa menyimpan gambar dan juga proyek, baik yang sudah jadi ataupun masih dikerjakan.

format gambar digital

Karena AI termasuk format vektor, kamu bisa mengatur skalanya sebesar dan sekecil yang kamu mau. Format ini sering dipakai sebagai file master dalam membuat logo.

CDR

CDR adalah format gambar vektor yang asli dari aplikasi Corel Draw. Jadi sebenarnya mirip dengan format AI, tapi khusus untuk aplikasi dari Corel.

SVG

SVG adalah singkatan dari Scalable Vector Graphics yang kualitasnya tidak akan menurun saat diperbesar. Format berjenis gambar vektor ini berbasis XML yang dioptimalkan buat grafik 2D serta web publishing. Selain itu, format ini sangat cocok untuk mengimpor karya dari aplikasi grafis 2D ke software 3D modeling.

Format Campuran

Sesuai namanya, format campuran bisa mengandung berbagai data, baik teks, gambar raster, maupun vektor.

PDF

format gambar digital

PDF merupakan singkatan dari Portable Document Format. Format ini sebenarnya lebih berupa ‘pembungkus’ (container). Karena di dalamnya bisa tersimpan berkas dalam bentuk teks, gambar raster, maupun vektor.

Untuk pemakaiannya di bidang desain grafis, PDF sering dipakai sebagai alternatif AI karena lebih mudah digunakan dengan program lain. Gambar vektor yang disimpan sebagai PDF masih bisa diedit dengan program editor, termasuk selain Illustrator, misalnya CorelDraw.

EPS

EPS atau Encapsulated PostScript adalah gambar berjenis vektor dengan kompresi lossless. Format ini umumnya dipakai buat menyimpan ilustrasi / karya desain grafis dalam aplikasi ilustrasi seperti Adobe Illustrator dan CorelDraw.

format gambar digital

Sama seperti format TIFF, format gambar digital yang terakhir ini sering dipakai untuk keperluan pencetakan. Namun format EPS masih memiliki keterbatasan tertentu.

Untuk melihat gambar tipe ini, kamu perlu pakai aplikasi ilustrasi di OS yang digunakan, sebab format ini tidak didukung oleh web browser utama manapun dan nggak bisa dilihat pakai image viewer default.

    %d blogger menyukai ini: