Inilah Beberapa Posisi Penggunaan Gadget yang Perlu Dihindari

3-Mitos-dan-Fakta-Memangku-Laptop-yang-Perlu-Anda-Tahu

Di era yang serba canggih seperti saat ini, semua hal menjadi sangat praktis dan dikendalikan oleh gadget, seperti smartphone, komputer maupun laptop.

Selama ini masyarakat kerap mendengar kabar tentang bahaya radiasi yang ditimbulkan oleh gadget. Selain bisa menimbulkan radiasi, pengguna gadget juga harus memperhatikan posisi tubuh saat menggunakannya.

Dilansir dari health.com, berikut ini resiko yang ditimbulkan dari posisi anggota tubuh saat menggunakan gadget:

Membungkuk Saat Menggunakan Laptop

Sumber Gambar : Line

Banyak orang yang biasa menggunakan laptop dengan posisi memangku dan membungkuk. Hal ini tentunya akan membuat punggung cepat lelah.

โ€œMemegang laptop dalam posisi tersebut bisa menyebabkan herniated disk,โ€ ujar Nova Scotia, Dalhousie University di Halifax.

Herniated disk sendiri merupakan piringan yang terselip sepanjang tali tulang belakang. Keadaan tersebut terjadi ketika seluruh atau sebagian pusat piringan tulang belakang yang lunak, ditekan sepanjang bagian atau piringan yang lemah.

Herniated disk inilah yang menjadi penyebab umum sakit punggung yang parah serta linu panggul. Sebaiknya pindahkan laptop ke meja. Dan ambil posisi duduk yang sejajar dengan laptop. Posisi ini akan membuat tulang belakang lebih aman.

Meletakkan Tablet di Atas Paha yang Menekuk

Sumber Gambar : Line

Kamu mungkin sering menggunakan tablet dengan ditumpukkan pada paha yang tertekuk, hingga posisi tubuh cendong ke depan. Sebenarnya hal ini bisa menyebabkan nyeri pada leher.

Sebaiknya mulai dari sekarang, lebih baik kalian berbaring miring sambil memegang tablet. Dengan begitu, kalian bisa berganti miring ke kanan maupun ke kiri.

Menunduk di Atas Sofa

Mungkin kalian pernah menggunakan smartphone dengan posisi tengkurap di sofa, kemudian leher terjulur menatap ke lantai dan smartphone di lantai.

Posisi ini tidak baik karena membuat semua otot leher posteroir menyangga kepala. Efek lainnya adalah bisa menyebabkan nyeri punggung. Bahkan, penelitian di Australia menemukan bahwa posisi tersebut bisa menimbulkan resiko sakit punggung bawah.

Mulai dari sekarang, sebaiknya kalian tidur terlentang sambil memegang smartphone dengan kedua tangan di atas kepala. Namun jangan terlalu lama di posisi ini, karena bisa menyebabkan otot tegang.

Tikungan Siku

Sumber Gambar : Line

Posisi ini menjadi salah satu favorit banyak orang. Yaitu posisi tengkurap, dengan separuh badang terangkat dam sambil memainkan smartphone.

Terlihat nyaman, namun sebenarnya posisi ini bisa membuat semua berat badan bertumpu pada siku. Hal ini bisa memperburuk saraf ulnaris (saraf yang mengatur otot di tangan, lengan bawah sertaย  jari).

Jika terlalu lama ada dalam posisi ini, kalian bisa cepat merasa kesemutan, mati rasa, hingga nyeri karena tekanan saraf tersebut.

Kondisi tersebut dinamakan carpal tunnel syndrome atau CTS. Sebaiknya kalian berguling ke samping. Hal ini akan mengambil tekanan dari siku serta meringankan tugas punggung.

[irp posts=”65231″ name=”Inilah 7 Bahaya Smartphone Bagi Anak Usia Dibawah 12 Tahun”]

Posisi Mengetik Pesan

Sumber Gambar : Line

Tidak jarang orang mengetik pesan dengan posisi smartphone sejajar pusar, sehingga posisi kepala menjadi tertunduk. Posisi seperti ini akan membebankan 60 pound (setara dengan empat bola bowling) kepada tulang belakang bagian atas.

โ€œCara ini akan mempercepat degenerasi tulang belakangmu,โ€ kata Kenneth K. Hansraj, MD, Kepala Operasi Tulang Belakang di New York Spin, New York City.

Untuk memperbaiki hal ini, kalian bisa memposisikan smartphone lebih tinggi. Usahakan smartphone setara dengan dada, atau pastikan kalian tidak terlalu melihat ke bawah.

Menoleh ke Layar TV Saat Olahraga Treadmill

Sumber Gambar : Line

Bagi yang gemar olahraga treadmill sambil menonton TV, kalian patut waspada. Sebab bisa jadi leher kalian akan terjulur dengan posisi yang salah.

Ketika menoleh ke layar TV yang terletak di kejauhan, terutama di dinding yang tidak sejajar dengan pandangan, maka tugas sendi, otot, ligamen, serta tulang menjadi lebih berat daripada biasanya.

Hal ini berakibat badan cepat lelah dan pegal-pegal. Oleh sebab itu, kalian bisa memindahkan TV tepat lurus di hadapan. Atau kalian bisa menggunakan treadmill yang sudah satu set dengan layar TV.