Inilah Cara Mudah Menggunakan Focus Mode di Android

Google telah meluncurkan fitur baru di Android bernama Focus Mode. Simak artikel ini untuk ketahui cara menggunakan Focus Mode di Android.

Ada fitur baru yang dihadirkan Google ke Android. Fitur ini bernama Focus Mode / Mode Fokus. Fitur tersebut adalah bagian dari rangkaian tools Digital Wellbeing Google.

Sebelumnya, fitur ini masih dalam tahap beta. Namun sekarang, pengguna Android 10 dan beberapa orang yang menjalankan Android 9 bisa menggunakan Focus Mode.

Focus Mode akan membuat pengguna lebih fokus dengan apa yang  mereka kerjakan. Fitur ini akan mengurangi gangguan yang sebabkan oleh smartphone.

Sumber Gambar : The Verge

Cara Menggunakan Focus Mode di Android

Saat bekerja, biasanya fokus kita akan buyar jika ada gangguan. Baik itu gangguan dari orang di sekitar, atau pun gangguan dari smartphone.

Bicara tentang gangguan dari smartphone, sebenarnya ini cukup beragam. Bisa berasal dari notifikasi aplikasi, atau aplikasi game yang menggoda untuk segera dimainkan.

Untuk mengatasi hal tersebut, Google lalu meluncurkan Focus Mode. Mode Fokus memungkinkan kalian menghentikan sementara aplikasi yang mengganggu. Baik itu aplikasi game, media sosial, dll.

Apa pun aplikasinya, Mode Fokus akan memberi kalian kendali penuh. Di sini kalian bisa menonaktifkan aplikasi untuk menghindari gangguan.

Lalu bagaimana cara menggunakan Mode Fokus di Android? Untuk mengakses Mode Fokus di smartphone Android, kalian bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka ‘Settings’ atau ‘Pengaturan’ di ponsel.
  • Scroll menu ke bawah, dan tapDigital Wellbeing & Parental Controls.’
  • Carilah submenu ‘Ways to Disconnect.’
  • Setelah itu, tap menu ‘Focus Mode.’
  • Pilihlah aplikasi yang menurut kalian mengganggu.

Setelah memilih aplikasi yang dianggap mengganggu, kemudian aturlah jadwal. Di sini kalian bisa atur kapan Focus Mode harus aktif dan tidak (otomatis).

Jika kalian tidak terlalu suka pengaturan otomatis, kalian juga bisa menyalakan atau mematikan Focus Mode secara manual. Fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk menjeda Focus Mode lho.

Itulah tutorial menggunakan Mode Fokus di Android. Perlu diingat, fitur ini hanya ada di ponsel yang memiliki akses ke aplikasi Digital Wellbeing.

Fitur ini bisa ditemukan di semua ponsel yang menjalankan Android 10. Sementara itu, beberapa pengguna Android 9 juga bisa menikmati fitur ini.