Google Merilis Android 10 Secara Resmi Dengan Berbagai Fitur Seru

situs resmi android 10

Setelah melalui masa uji coba (beta), akhirnya Google merilis Android 10 secara resmi dan menghadirkan banyak fitur baru yang menarik.

Sebelum ini Google sudah mengumumkan kalau mengubah sistem penamaan sistem operasi smartphone ini. Sekarang, sudah tidak ada lagi nama makanan ringan nan manis di Android. Hanya hitungan angka sederhana.

Selain ada fitur baru, ada juga fitur yang disempurnakan dari versi sebelumnya, Android 9 Pie. Misalnya navigasi gestur. Di samping itu juga ada banyak penambahan dukungan teknis lain.

Beberapa Fitur Android 10

Live Caption

Dengan sekali tekan, Live Caption akan menampilkan teks untuk ucapan yang ada baik di video, podcast, dan pesan audio, bahkan termasuk suara yang kamu rekam sendiri. Fitur ini tidak membutuhkan Wi-Fi atau data seluler.

Smart Reply

Di Android 10, kamu tidak hanya mendapat saran balasan untuk pesan yang kamu terima. Tapi sekarang juga saran tindakan yang bisa kamu lakukan.

Google memberi contoh kalau teman mengajakmu makan malam, ponselmu akan menyarankan membalas dengan ““. Lalu ponsel juga bisa menampilkan lokasi di Google Maps. Google mengatakan Smart Reply juga berfungsi di aplikasi pesan lain, seperti Signal.

Sound Amplifier

Dengan fitur ini di Android 10, smartphone bisa meningkatkan suara, menyaring gangguan suara di latar belakang, dan mengatur suara terbaik sesuai keinginanmu. Baik mendengarkan podcast, menonton video, atau berbicara di ruangan yang ramai, kamu tinggal mencolokkan headphone dan mendengar dengan lebih jernih.

Navigasi Gestur

Google mulai menerapkan navigasi gestur di Android 9 Pie. Di Android 10, gestur ini mengalami penyempurnaan. Sekarang, geser dari pinggir kiri untuk kembali, geser kanan kiri menggunakan tombol navigasi (pil gestur) untuk berganti aplikasi, dan geser ke atas pil gestur untuk menuju layar utama.

Tema Gelap

Sekarang Android memiliki tema gelap secara menyeluruh sehingga bisa menghemat daya ponsel. Selain itu, tema gelap ini juga merubah penampilan aplikasi dari Google. Seperti Kalender dan Foto.

Dukungan untuk Inovasi Smartphone

Android 10 juga sudah siap untuk beberapa inovasi di smartphone yang segera hadir. Misalnya pemakaian untuk ponsel lipat dan jaringan 5G. Jadi bagaimana bentuk perangkat, kamu tetap bisa menikmati pengalaman yang serupa.

Pengaturan Privasi Yang Lebih Baik

Android 10 menghadirkan banyak pilihan setelan untuk menjaga privasimu. Kamu bisa mengaksesnya di satu tempat, memutuskan bagaimana data disimpan dan berapa lama, dll.

Fokus Mode

Dengan Android 10, kamu bisa memilih aplikasi apa yang menjadi perhatianmu, dan aplikasi apa yang mengganggu. Ketika mode ini aktif, aplikasi yang mengganggu akan berhenti sementara. Tinggal tekan dan kamu tidak akan terganggu. Google menyebutkan kalau fitur ini masih dalam tahap beta saat ini.

Family Link

Fitur ini berguna bagi para orang tua. Dengan pengaturan keluarga, orang tua bisa mengatur dan memantau kegiatan digital anak mereka. Orang tua bisa mengatur waktu aktif untuk layar, melihat aktivitas aplikasi, mengatur ijin aplikasi beserta kontennya, dan melihat di mana anak mereka berada.

Smartphone Google Pixel Menjadi Penikmat Pertama

Seperti rilis update Android lain, tidak semua pengguna bisa segera menikmatinya. Untuk rilis Android 10 ini, lini smartphone Google Pixel menjadi yang pertama menerima pembaruan.

Sedangkan smartphone lain masih tergantung kebijakan merk masing-masing. Ada beberapa yang sudah memberi konfirmasi, namun ada beberapa yang masih menjadi dugaan.

Berdasar riset, ponsel Nokia merupakan yang tercepat selain Pixel dalam menerima update Android. Setelah itu ada Samsung dan Xiaomi. Yah, kita tunggu saja bagaimana proses selanjutnya.

Apa kamu berminat segera mendapat update Android 10? SIlakan kunjungi situs resminya untuk info lebih jauh.

(Ninja update: Essential Phone juga sudah mendapat update)

More Stories
Music Locker: Music Player Windows Phone yang Elegan