Inilah Cara Mudah untuk Menggunakan Fitur AirDrop

Mengirim file dari perangkat iOS atau MacOS ke perangkat lain bisa dengan AirDrop. Simak artikel ini untuk ketahui cara menggunakan AirDrop.

AirDrop adalah salah satu fitur yang dimiliki perangkat iOS atau MacOS. Fitur ini memungkinkan pengguna mengirim file ke perangkat lain.

Fitur ini bisa digunakan untuk berbagi semua hal, dari lokasi peta hingga foto dan video. Karena fitur ini hanya ada di perangkat Apple, mungkin pengguna baru akan bingung menggunakannya.

Berikut ini cara mudah dalam menggunakan AirDrop:

Sumber Gambar : iMore

Cara Mengaktifkan AirDrop di iOS dan MacOS

Jika kalian menggunakan iPhone atau iPad, tekan Force Touch atau tahan ikon Wi-Fi di Control Center. Setelah itu akan muncul lebih banyak pilihan pengaturan.

Salah satu pengaturan yang ada di dalam sana adalah AirDrop. Tap menu AirDrop, lalu kalian akan menemukan tiga opsi AirDrop yaitu: Off, Contacts Only dan Everyone.

Jika kalian memilih Everyone, maka orang asing bisa mengirim file ke ponsel kalian. Opsi ini sangat berguna ketika kalian berkumpul dengan banyak orang.

Cara Berbagi dengan AirDrop di iOS

Fitur ini bisa ditemukan di β€˜Share Sheet’ dalam perangkat. Jika kalian mengetuk tombol β€˜Share’ untuk memunculkan lebih banyak opsi.

Jika ingin mengirim foto, tekan ikon share yang ada di menu. Kemudian, tap menu AirDrop untuk melihat siapa yang ada di sekitar kalian.

Dalam beberapa versi iOS, kalian cukup tap foto kontak dari Share Sheet. Hal ini dilakukan saat AirDrop muncul di atas aplikasi lain.

Setelah itu, AirDrop akan meminta pengguna lain untuk menerima file. Jika mereka menerimanya, file akan muncul di aplikasi bersangkutan.

Misal kalian mengirim kontak, maka file akan muncul di daftar kontak. Jika mengirim foto, maka file otomatis masuk ke galeri foto.

Cara Berbagi dengan AirDrop via MacOS

Berbagi file dengan AirDrop di MacOS sangat mudah. Kalian cukup klik kanan file yang ingin dikirim. Lalu klik menu β€˜Share > AirDrop’ untuk mengirim item dari perangkat Mac.