Inilah Ciri-ciri Mata yang Terkena Radiasi Smartphone

Di balik banyaknya manfaat yang diberikan oleh smartphone, terlalu sering menggunakan gadget ini bisa merusak kesehatan mata. Terutama jika smartphone sering digunakan oleh anak-anak.

Smartphone merupakan salah satu gadget yang kini tidak bisa dipisahkan lagi dengan manusia. Sebab tidak bisa dipungkiri jika keberadaan smartphone dapat membantu seluruh aktivitas.

Smartphone kini tidak hanya digunakan oleh orang dewasa saja, namun anak-anak juga sudah mulai menggunakan gadget yang satu ini.

Beragam bahaya mengintai di balik seringnya menggunakan smartphone. Dari efek radiasi yang ditimbulkan, hingga perasaan kecanduan akan smartphone.

Kerusakan pada mata tentunya menjadi hal yang harus diwaspadai. Sebab mata merupakan organ yang paling banyak bekerja ketika anak menggunakan smartphone.

Smartphone akan memancarkan sinar radiasi berbentuk panas. Dimana energi ini bisa membuat mata anak cepat rusak.

Beberapa efek yang ditimbulkan dari radiasi smartphone antara lain mata kering, meningkatkan resiko terkena blepharitis, blurry vision, katarak, kanker mata, dan kerusakan pada retina.

Sementara itu, kenali juga ciri-ciri mata yang sudah terkena sinar radiasi dari smartphone. Dengan mengenali ciri-ciri tersebut, para orang tua bisa membatasi anak dalam menggunakan smartphone.

Berikut ini ciri-ciri mata anak yang sudah terkena radiasi smartphone:

Sumber Gambar : Miami Contact Lens

Meningkatnya Sensitivitas Terhadap Cahaya

Kondisi ini akan meningkat seiring banyaknya cahaya yang diterima oleh mata. Kondisi yang terlalu sensitif dengan cahaya dinamakan dengan fotopobia.

Cahaya yang terlalu terang dari smartphone maupun sinar matahari, bisa menyebabkan sensitivitas ekstrem. Bahkan cahaya tersebut bisa sangat menyakitkan bagi mata.

Pandangan Menjadi Kabur

Apabila anak tiba-tiba berkata jika pandangan mereka terasa kabur, buram atau tidak jelas ketika melihat, maka segeralah konsultasi dengan dokter.

Sebab bisa saja ini merupakan gejala dari penyakit mata seperti katarak, mata minus atau glaukoma. Penanganan medis yang lebih cepat bisa mengurangi kemungkinan terburuk pada mata anak.

Mata Menjadi Kering

Radiasi dari smartphone akan menjadikan mata terasa kering. Hal ini juga akan terjadi apabila seseorang terlalu lama menatap layar smartphone.

Mata kering yang dirasakan biasanya bersamaan dengan perubahan warna menjadi merah. Saat itulah mata juga akan terasa gatal.

Ketika terjadi hal yang seperti ini, usahakan untuk tidak menggosok mata. Sebab menggosok mata saat kering bisa menimbulkan iritasi.

Mata Cepat Lelah

Mata cepat lelah merupakan salah satu akibat dari terlalu lama menatap layar smartphone. Hal ini juga menandakan paparan radiasi yang sudah terlalu banyak masuk ke mata.

More Stories
Morphopolis, Game Dengan Ilustrasi Terindah Di Windows Phone