Handphone Apa Yang Memancarkan Radiasi Paling Besar?

ilustrasi radiasi handphone

Saat ini orang menyandang handphone hampir setiap saat. Walau riset menyebutkan radiasi handphone tidak memberi efek buruk pada kesehatan, seringkali kita tetap merasa was-was.

Ada sebuah riset yang mendata handphone dengan pancaran radiasi paling besar. Yah, istilah “paling besar” ini tentu saja relatif. Bagaimana pun, badan kesehatan dunia WHO menyebutkan kalau sampai saat ini belum ada efek buruk pada kesehatan yang disebabkan dari penggunaan handphone.

Kantor federal Jerman untuk perlindungan radiasi, Bundesamt für Strahlenschutz, menyusun daftar panjang smartphone — baik lama dan baru — beserta level radiasi handphone. Level ini sesuai dengan sertifikasi ramah lingkungan (ecolabel) dari ICNIRP dan Der Blaue Engel.

Statista kemudian membuat infografis dari data tersebut. Mereka mengambil nilai paparan di telinga saat menerima telpon dan mengurutkan dari level radiasi tertinggi. Semua handphone yang ada di infografis itu memiliki nilai di atas 1 watts per kilogram. Padahal Der Blaue Engel menganjurkan nilai di bawah 0,60 watts per kilogram.

Daftar itu cukup menarik. Yang mendominasi urutan radiasi handphone teratas ini adalah produk dari Cina. Xiaomi Mi A1 menjadi nomor satu, disusul OnePlus 5T, Huawei Mate 9, handphone lama Nokia Lumia 630, dan lebih banyak handphone Huawei lain.

Ya, lebih banyak. Karena dari segi jumlah, Huawei memang paling banyak. Ada 6 handphone produksinya di dalam daftar. Jumlah ini kemudian disusul oleh Apple dengan 3 buah iPhone, dan OnePlus dengan 2 buah handphone.

Daftar ini bisa jadi bukan apa-apa. Tapi kalau kamu memang kuatir. Ya bisa jadi pertimbangan.

Urutan handphone dengan pancaran radiasi terbesar

Urutan handphone dengan pancaran radiasi terbesar (Gambar: Statista)

Ada komentar?