Inilah Fitur Baru WhatsApp yang Bakal Hadir

Bakal ngalahin Zoom!

WhatsApp bakal rilis fitur baru yang berhubungan dengan work from home. Seperti yang kita tahu, di masa pandemi sekarang ini, layanan video conference untuk meeting online makin dikenal oleh masyarakat Indonesia. Bahkan ibu-ibu pengajian sudah menggunakan teknologi tersebut untuk membuat acara pengajian online.

Zoom adalah aplikasi yang sangat populer digunakan. Meskipun ada isu keamanan yang cukup krusial saat itu, sepertinya beberapa pengguna Indonesia cuek-cuek saja.

Tak mau ketinggalan dengan hype tersebut, banyak perusahaan teknologi yang meluncurkan fitur serupa. Sebut saja Google Meet dan Facebook dengan Messenger Room.

Lalu apa hubungannya dengan WhatsApp?

Seperti yang kita tahu, Facebook sudah memiliki WhatsApp sejak beberapa tahun terakhir. Dan rumor bahwa Facebook akan melakukan intergrasi dengan WhatsApp sudah lama beredar.

Yang terbaru, Facebook akan mengintergrasikan Messeng Room mereka dengan aplikasi WhatsApp (sebelumnya sempat diuji coba untuk WhatsApp Web). Yang berarti, kita bisa membuat meeting online dan menggundang peserta yang hanya memiliki aplikasi WhatsApp saja di smartphone nya.

Berdasarkan laporan dari WABetaInfo, fitur ini sudah bisa dicoba di update WhatsApp beta versi 2.20.163. Update tersebut menambahkan fitur Room yang terlihat pada opsi saat kita menekan tombol “lampiran” seperti yang bisa kalian lihat di bawah ini.

Selain untuk menerima, kabarnya kita juga bisa membuat conference meeting langsung dari aplikasi WhatsApp. Tentu ini akan sangat menarik terutama bagi pengguna Indonesia yang lebih familiar dengan WhatsApp.

Fitur ini masih tersedia terbatas untuk pengguna WhatsApp beta tertentu saja.

Menurut saya, jika fitur ini bisa dengan cepat diaplikasikan untuk pengguna WhatsApp di seluruh dunia, bukan tidak mungkin akan menggeser popularitas Zoom sebagai layanan meeting online di Indonesia, bahkan mungkin dunia.

%d blogger menyukai ini: