Inilah Robot Transplantasi Rahim yang Berhasil Tolong Wanita Melahirkan

Seorang wanita asal Swedia berhasil melahirkan bayi laki-laki. Uniknya, proses persalinan dibantu oleh sebuah robot transplantasi rahim.

Wanita yang tidak ingin disebutkan namanya itu melahirkan bayi seberat 2,9 kilogram melalui operasi caesar. Dia menjadi wanita pertama di dunia yang melahirkan dengan bantuan robot transplantasi rahim.

Tidak disangka perempuan tersebut berhasil hamil. Sebelumnya dia menjalani prosedur perintis di tahun 2017.

Pada mulanya, robot akan mengeluarkan rahim milik wanita lain. Kemudian robot tersebut akan menempatkan rahim di dalam tubuh ibu baru.

Hingga kini belum diketahui jelas apakah ibu tersebut memang terlahir tanpa rahim, atau rahimnya pernah diangkat karena kecelakaan maupun penyakit (kanker).

Tapi beruntungnya wanita tersebut masih memiliki indung telur. Hal ini membuat dokter masih bisa melakukan IVF.

Sumber Gambar : SciTech Europa

Dalam proses IVF, embrio dibuat menggunakan perawatan kesuburan. Selajutnya embrio akan dimasukkan kedalam rahim selama sepuluh bulan setelah prosedur transplantasi.

Ketika mengikuti program ini, baik ibu maupun bayi tidak akan mengalami komplikasi selama masa persalinan. Sebab sebelumnya sudah ada rencana operasi caesar yang telah disiapkan.

Perasaan luar biasa untuk melahirkan anak yang sangat dirindukan dan istimewa,” kata dr Pernilla Dahm-Kahler, dokter yang membantu transplantasi rahim.

Dia juga mengatakan proses ini sangat luar biasa. Bahkan dia sebagai dokter turut bahagia saat melihat  bayi tersebut berhasil lahir selamat.

Ini merupakan langkah terpenting untuk mengembangkan operasi dengan menjaga keamanan uterus,” ujar Profesor Mats Brannstrom, pimpinan prosedur transplantasi rahim.

Untuk pertama kalinya, kami menggunakan teknik bedah dengan bantuan robot bisa dilakukan,” tambahnya.

Selama ini hanya ada 15 bayi di dunia yang lahir dari rahim transplantasi. Sementara 9 diantaranya dilahirkan setelah prosedur dilakukan di Swedia.

Sementara untuk kelahiran bayi terakhir kali ini menjadi sangat unik. Sebab itu adalah bayi pertama yang lahir dengan bantuan robot transplantasi rahim.

More Stories
5 Tips Bermain Game FPS Untuk Pemula