Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

ASUS Hadirkan Inovasi Teknologi Terbaru Laptop & Desktop di Jogja

Anom Penulis

Setelah cukup lama tidak menyambangi berbagai daerah selama pandemi, ASUS kembali menyelenggarakan media gathering di berbagai kota Indonesia, salah satunya Yogyakarta, Di acara ini ASUS memperkenalkan inovasi teknologi, juga berbagai laptop dan desktop PC terbaru.

Inovasi yang diperkenalkan oleh ASUS ini meliputi teknologi layar ASUS OLED untuk laptop umum, layar Nebula Display untuk laptop gaming, dan teknologi MUX Switch. Untuk perangkat, ASUS memperkenalkan berbagai laptop dan PC baru, termasuk laptop 5G pertama di Indonesia.

popculture.id

Standar Baru Layar OLED Di Laptop Konsumen

Dalam acara ini, ASUS memperkenalkan beberapa laptop terbaru mereka. Seperti Vivobook Pro 14 OLED (M3400), laptop detachable pertama di Indonesia Vivobook 13 Slate OLED (UX3402), sampai laptop layar ganda Zenbook Pro Duo 14 OLED (UX8402).

Seperti kamu lihat, istilah OLED hadir di nama laptop tersebut. Memang, sudah sejak beberapa tahun terakhir ini panel OLED menjadi standar layar laptop unggulan ASUS.

Namun, layar yang disebut ASUS OLED ini memiliki standar kualitas tersendiri dibanding dengan merek lain. Layar ASUS OLED bisa dipastikan memenuhi berbagai standar industri profesional dunia.

perbandingan layar lcd dan ASUS OLED
perbandingan LCD dan ASUS OLED

Pertama, memenuhi rentang warna 100% DCI-P3 dan mendapat sertifikasi PANTONE Validated. Jadi, selain cakupan warnanya lebih kaya, layar ini juga mampu menampilkan warna dengan akurat. Perlu dicatat, DCI (Digital Cinema Initiative) adalah standar perfilman dunia dan PANTONE merupakan standar akurasi palet warna industri kreatif.

Kedua, layar ini mendapat sertifikasi VESA DisplayHDR dan memiliki rasio kontras tinggi. Layar dengan panel IPS tidak bisa menampilkan warna hitam sepenuhnya, karena menggunakan teknologi backlit. Sementara OLED mampu menampilkan warna hitam sebenarnya. Dengan begitu, tampilan di layar lebih tajam.

Vivobook Slate 13 OLED

Ketiga, layar mampu memiliki response time 0,2ms. Artinya perubahan tiap pixel di layar bisa berlangsung begitu cepat. Dengan begitu, gerakan di layar lebih mulus dan tajam. Selain ideal untuk hiburan, hal ini juga berguna bagi konten kreator, misalnya yang berurusan dengan editing video.

Keempat, walau memiliki tampilan cerah dan tajam, layar ASUS OLED juga nyaman dan aman dilihat. Hal ini terbukti dengan adanya sertifikasi EyeCare dari TÜV Rheinland. Sertifikasi ini meliputi perlindungan mata dari flicker dan pancaran sinar biru (blue light).

Kualitas layar ASUS OLED ini memang terlihat jelas ketika melihat langsung berbagai laptop yang bisa dicoba di Experience Area (seperti juga yang pernah saya bahas di review Vivobook Pro 16X OLED).

Inovasi Laptop Gaming

Selain laptop konsumen umum, ASUS juga memperkenalkan beberapa laptop dari dua lini gaming mereka, ROG dan TUF.

Produk inovatif yang mereka tunjukkan adalah laptop gaming 16 inci konvertibel pertama di dunia ROG Flow X16 (GV601) dan laptop gaming paling cepat di dunia saat ini ROG Strix SCAR 17 SE (G733C). Sementara untuk pilihan yang lebih terjangkau, ada TUF Dash F15 (FX517).

jajaran laptop ROG baru

Ada hal menarik untuk urusan teknologi layar di sini. Sayangnya, layar OLED belumlah ideal untuk keperluan gaming. Maka untuk laptop gaming ASUS mengembangkan layar ROG Nebula Display dan ROG Nebula Display HDR.

Kedua jenis layar ini mampu memberikan refresh rate dan response time yang cepat, sehingga ideal untuk main game. Terutama untuk game kompetitif.

Namun, layar ini juga memiliki kemampuan variabel refresh rate yang mampu menyesuaikan tingkat refresh rate sesuai penggunaan. Selain itu, layar tersebut juga sudah menampilkan rentang warna 100% DCI-P3 dan akurasi PANTONE Validated.

Nah, untuk mendukung tampilan visual yang optimal, ASUS juga melengkapi laptop gaming mereka dengan teknologi MUX Switch. Teknologi ini memungkinkan discrete GPU mengantar langsung data ke monitor. Dengan begitu, bisa memberikan tampilan framerate lebih optimal sampai 15% (pada game tertentu bisa sampai 30%).

ROG Flow X16

Di samping teknologi di atas, ASUS juga mempersenjatai lini laptop gaming mereka dengan prosesor terbaru, seperti Intel Core 12th Gen dan AMD Ryzen 6000 Series. Lalu juga dengan GPU terkini, seperti NVIDIA RTX 30 Series dan AMD Radeon RX6000 series. Terakhir, RAM juga sudah menggunakan DDR5 yang lebih kencang daripada DDR4.

Dalam hal inovasi ini, yang menarik perhatian adalah lini ROG Flow yang bisa ditambah performanya jika dipasangkan dengan GPU eksternal ROG XG Mobile.

Laptop 5G Pertama di Indonesia

Lini laptop lain yang juga dimiliki ASUS, selain untuk konsumen dan gaming, adalah laptop bisnis. Kali ini ASUS memperkenalkan laptop ExpertBook B7 (B7402), yang merupakan laptop 5G pertama di Indonesia.

5G? Ya, karena laptop ini memiliki slot SIM card seperti di smartphone. Jadi jika pengguna bisa langsung terhubung ke internet tanpa tergantung WI-Fi atau tethering dari hotspot smartphone. Nice!

Sebagai laptop kelas bisnis, ASUS juga melengkapinya dengan standar tinggi. Seperti sudah memenuhi sertifikasi ketahanan militer AS (MIL-STD 810H). Jadi laptop ini tahan banting dan juga tahan gelombang elektromagnetik.

Keamanan ini tidak hanya dari segi fisik saja, karena ASUS juga memberikan layanan perlindungan data melalui program HDD Retention. Bagaimanapun, data merupakan harta berharga bagi pelaku bisnis di manapun.

Inovasi PC Desktop dan AIO

Pada konferensi kali ini, ASUS memang lebih banyak bicara soal teknologi dan inovasi di laptop. Namun bukan berarti mereka melupakan komputer desktop.

Salah satu PC desktop yang mereka perkenalkan adalah ROG G35. Menara desktop ini sudah dibekali dengan konstruksi dual chamber untuk sistem pendinginan optimal. Jadi beberapa komponen penting seperti CPU, GPU, dan power supply bisa mendapat pendinginan secara terpisah.

ExpertCenter E5 (E5202) 

Untuk komputer AIO (All-in-One), ASUS memperkenalkan ExpertCenter E5 (E5202). Komputer ini sangat ideal untuk keperluan Customer Service di perusahaan. Karena di balik monitornya terdapat monitor kecil.

Dengan monitor kecil ini, petugas bisa menampilkan informasi atau mendapat verifikasi dari konsumen. Sebgaai contoh misalnya jika konsumen perlu memberi tanda tangan digital ketika mengurus dokumen di bank.


ASUS saat ini memang merupakan salah satu produsen laptop dan desktop yang paling inovatif di dunia. Lihat saja lini ROG Flow yang bisa mendapat tambahan performa dari GPU eksternal.

Selain itu, ASUS juga menghadirkan berbagai perangkat untuk setiap kebutuhan dan lapisan masyarakat. Seperti lini TUF Gaming yang memungkinkan kita menikmati main game PC dengan harga terjangkau.

Jadi, sangat menarik melihat inovasi teknologi apa lagi yang akan ASUS sajikan nantinya. Setuju?

    %d blogger menyukai ini: