Instagram Feed Baru Hadirkan Pilihan Tampilan ‘Mengikuti’ dan ‘Favorit’

Anom Penulis

Instagram meluncurkan pilihan untuk Feed baru, yaitu ‘Mengikuti‘ (Following) dan ‘Favorit‘ (Favorite). Dengan begitu memberikan pilihan pada pengguna untuk melihat konten yang mereka inginkan.

Dalam pengumuman fitur ini, Adam Mosseri (pimpinan Instagram) menyebutkan bahwa mereka akan memberikan lebih banyak rekomendasi konten pada pengguna. Dua tampilan baru ini akan bermanfaat bagi pengguna untuk segera melihat konten terbaru dari akun yang mereka ikuti atau mereka suka.

Tampilan ‘Mengikuti’ menunjukkan posting dari dari semua akun yang kamu ikuti mulai yang paling baru. Jadi lebih bersifat aktual tapi umum.

Sementara tampilan ‘Favorit’ akan menunjukkan konten dari pengguna yang kamu pilih. Misalnya dari teman dekat, keluarga, atau kreator kesukaanmu. Jadi tampilan ini lebih bersifat khusus, benar-benar sesuai pilihanmu.

Adam Mosseri juga menyebutkan kalau kamu bisa menambahkan sampai 50 akun untuk tampilan ‘Favorit’. Kamu bisa menghapus dan menambahkan akun sesukamu, kapan saja. Lalu, akun yang bersangkutan tidak akan mendapat pemberitahuan jika kamu menambahkannya pada tampilan ‘Favorit’ (begitu juga ketika kamu hapus).

Penambahan pilihan tampilan Feed pada Instagram ini mirip seperti penambahan tab ‘Tweet Terbaru’ Twitter beberapa waktu sebelumnya (yang kemudian dibatalkan). Namun sistem tampilan Instagram berbeda dengan Twitter.

Kamu bisa memilih tampilan Feed dengan menekan tombol panah di samping logo Instagram dan menekan salah satu pilihan. Ketika kamu memilih salah satu pilihan, aplikasi akan membuka halaman baru berisi konten yang bersangkutan.

Jadi Halaman Utama/Beranda tidak berubah. Halaman Utama tetap akan menunjukkan Feed berdasar algoritma rekomendasi Instagram. Yah, bisa kita maklumi, karena memang halaman itu merupakan salah satu cara untuk mempromosikan konten berbayar (iklan) dan fitur lain (misalnya Reels).

Fitur tampilan baru Instagram dengan halaman ‘Mengikuti’ dan ‘Favorit’ sudah meluncur saat ini. Ketika kamu membuka dan belum melihatnya, coba geser layar sedikit ke bawah dan kembalikan. Nanti akan muncul tanda panah di samping logo Instagram

    %d blogger menyukai ini: