Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Twitter Tambah Tab “Tweet Terbaru” di Aplikasi iOS

Anom Penulis

Aplikasi Twitter untuk iOS mendapat fitur baru, yaitu tab untuk ‘Tweet Terbaru’. Jadi halaman utama tidak bisa kamu atur untuk tweet terbaru, dan tetap menampilkan rekomendasi Twitter.

Aplikasi Twitter memang sudah berubah dalam menampilkan tweet di lini masa. Dulu, kamu selalu mendapat tweet terbaru di lini masa. Kemudian Twitter mengubahnya dengan berdasar rekomendasi (algoritma), yang kemudian berubah lagi dengan pilihan.

Tab ‘Tweet Terbaru’ Twitter untuk iOS

Akun resmi Dukungan Twitter (@TwitterSupport) mengumumkan perubahan untuk aplikasi untuk iOS. Mereka juga menyebutkan kalau perubahan di aplikasi Android dan Web akan segera menyusul.

Mungkin beberapa di antara kamu yang memakai iPhone sudah melihatnya di aplikasi Twitter. Paling tidak, saya sudah mendapatkan fitur ini sebelum Twitter mengumumkannya.

Jadi, ketika kamu tekan ikon di pojok kanan atas, alih-alih mengganti konten Beranda, kamu akan mendapat pilihan untuk meyematkan tweet terbaru. Kalau kamu menekan pilihan itu, maka akan muncul tab ‘Tweet Terbaru’ di samping halaman Beranda.

Ketika saya cek aplikasi Twitter di Android, menekan ikon di pojok kanan atas masih menampilkan pilihan untuk mengganti konten Beranda.

Apa Pilihan Ini Berguna?

Mungkin pilihan ini akan berguna jika kamu ingin bisa berganti dengan cepat antara tweet berdasar rekomendasi Twitter dan tweet terbaru. Terutama buat kamu yang ingin mengikuti “tren”. Bagaimanapun tindakan yang kamu lakukan hanya satu kali tekan (setelah mengaturnya).

Namun untuk saya pribadi, hal ini cukup menyebalkan. Bagi saya, keunggulan Twitter adalah info atau obrolan yang hadir secara aktual. Kalau saya mau mengejar ketinggalan (kalau FOMO), saya bisa menelusurinya di bagian eksplorasi.

Fitur ini juga bisa membingungkan bagi mereka yang punya akun Twitter namun jarang aktif. Saya bisa membayangkan bagaimana mereka akan berpindah dan membandingkan konten dua tab ini. Yah, tentu ada kemungkinan juga mereka tidak peduli dan tetap mengikuti Beranda hasil rekomendasi Twitter.

Baca Juga:  Twitter Rilis Fitur Circle Buat Tampilkan Tweet ke Orang-Orang Tertentu

Twitter memang sering melakukan uji coba dan menambah fitur baru di aplikasi. Misalnya tab khusus podcast, downvote balasan, atau menyematkan DM. Beberapa fitur memang menarik, namun kadang sering membawa pertanyaan tersendiri.

Selama ini saya selalu mengatur tweet terbaru sebagai tampilan utama di Beranda. Dengan perubahan ini, kelihatannya tab ‘Tweet Terbaru’ akan jadi “Beranda” baru saya.