Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Dianggap Menyalahi Aturan, Instagram Hapus Akun Resmi PornHub!

Indri Penulis

Instagram resmi hapus akun PornHub. Hal ini dilakukan karena PornHub dianggap menyalahi aturan Instagram, yakni soal eksploitasi seksual.

Kabar ini pertama kali dilaporkan oleh Variety. Situs tersebut melaporkan bahwa ketika dihapus, akun Instagram PornHub punya sekitar 13,1 juta pengikut dan total 6.200 postingan. Selama ini akun Instagram PornHub memposting berbagai konten yang mempromosikan video dan artis PornHub.

popculture.id

Sebenarnya sampai sekarang belum jelas kenapa perusaahaan induk Instagram, Meta, hapus akun resmi PornHub. Tapi berdasarkan tangkapan layar yang dibagikan oleh juru kampanye anti-PornHub, Laila Mickelwait, menunjukkan kalau akun PornHub dihapus karena melanggar pedoman komunitas Instagram.

Mickelwait sendiri adalah pencetus kampanye ‘TraffickingHub.’ Sebuah kelompok advokasi yang bertujuan untuk ‘memusnahkan PornHub dan meminta pertanggungjawaban eksekutifnya.’ Pasalnya eksekutif PornHub selama ini dianggap mendukung dan mengambil untung dari adegan pemerkosaan, pelecehan anak, perdagangan seks, dan pelecehan seksual secara terang-terangan.

Sementara itu dalam sebuah pernyataan terpisah di Twitter, Mickelwait mengatakan bahwa Instagram dan Meta telah membuat ‘keputusan yang tepat karena memutus hubungan dengan PornHub.’ Selain itu ia mengatakan sudah waktunya bagi raksasa teknologi lainnya seperti Google, Amazon dan Microsoft untuk mengikuti jejak Instagram serta Meta.

Di sisi lain, walaupun penggemar setia PornHub di seluruh dunia sangat banyak, namun hatters PornHub juga tak kalah banyak. Kritik untuk PornHub karena memfasilitasi distribusi materi pelecehan seksual telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Karena besarnya tekanan yang diterimanya, hal tersebut membuat CEO dan COO PornHub memutuskan untuk mengundurkan diri. Bahkan di tahun 2020, Visa dan Mastercard memutuskan untuk berhenti memproses pembayaran di PornHub. Hal tersebut dilakukan karena adanya ‘konten yang melanggar hukum’ di situs tersebut.

Visa sendiri tentu tidak mau terseret karena kasus PornHub. Apalagi beberapa waktu lalu, Visa sempat digugat gara-gara perusahaan tersebut dianggap membantu PornHub dalam memonetisasi konten seksual anak.

Daripada tersandung hal yang serupa, mungkin itulah yang membuat Meta dan Instagram memutuskan untuk hapus akun PornHub. Namun walaupun akun PornHub sudah musnah dari Instagram, mereka masih punya akun di media sosial lain seperti Twitter.

    %d blogger menyukai ini: