Instagram Bakal Hapus Fitur Swipe-Up di Stories. Ini Gantinya!

Instagram berencana untuk menghapus fitur swipe-up website yang ada di Stories. Fitur ini akan resmi dihapus mulai akhir Agustus ini.

Fitur swipe-up tentunya sudah nggak asing buat mayoritas pengguna Instagram. Fitur ini sering kita lihat di Instagram Stories bikinan orang lain. Biasanya pas kita klik fitur tersebut, kita akan dibawa ke website eksternal (di luar Instagram).

Sayangnya sebentar lagi kita nggak bakal bisa lihat fitur itu lagi. Pasalnya telah dikonfirmasi kalau Instagram bakal menghapus fitur tersebut mulai tanggal 30 Agustus 2021.

Pertanyaannya, apakah kita nggak bakal bisa bikin tautan web ekternal di Instagram? Masih bisa kok. Sebagai gantinya, Instagram nanti bakal menghadirkan stiker tautan. Jadi saat kita mengetuk stiker tersebut, kita akan dibawa ke situs lain.

Sumber : The Verge

Fitur stiker tautan sebenarnyaa telah diuji sejak bulan Juni. Pengujian ini bahkan dilakukan ke beberapa pengguna (bukan cuma ke orang yang sudah punya hak swipe-up).

Tapi kamu penasaran nggak sih, kira-kira kenapa Instagram menghapus fitur tersebut? Jadi menurut penuturan Instagram (dikutip dari The Verge), ada alasan khusus kenapa mereka menghapus fitur swipe-up.

Fitur tersebut dihapus untuk merampingkan proses pembuatan Stories. Selain itu dengan fitur stiker tautan, pengguna akan bisa memformat tampilan stiker sesuai selera.

Bukan cuma itu, menurut mantan kepala produk Instagram, Vishal Shah, swipe-up memang sudah seharusnya dihapus. Sebab swipe-up nggak lagi cocok dengan cara orang menggunakan Instagram saat ini.

Ia juga menambahkan kalau swipe-up dan stiker tautan punya perbedaan yang sangat signifikan. Selain perbedaan gerakan pemakaian, penonton Stories bisa menanggapi cerita yang memakai stiker tautan di dalamnya. Di sisi lain penonton Stories nggak bisa menanggapi cerita yang pakai swipe-up.

Sementara itu, Instagram mengatakan kalau untuk saat ini, hanya orang dengan akses swipe-up saja yang bakal menerima opsi stiker. Tapi Instagram bakal melakukan evaluasi secara berkala, dan nggak menutup kemungkinan kalau stiker tautan juga bakal diluncurkan ke lebih banyak pengguna.

%d blogger menyukai ini: