Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Instagram Mulai Luncurkan Fitur Parental Control di Amerika Serikat

Indri Penulis

Instagram resmi meluncurkan fitur baru parental control/pengawasan kontrol orang tua, yang akan membantu orang tua mengawasi pemakaian Instagram anak.

Dalam sebuah postingan blog, kepala Instagram, Adam Mosseri mengumumkan peluncuran fitur parental control untuk Instagram. Untuk saat ini fitur tersebut baru diluncurkan di AS, dan akan diluncurkan secara global beberapa bulan mendatang.

popculture.id

Hari ini, kami membuat alat pengawasan tersebut tersedia di Family Center Instagram. Kami bekerja sama dengan para ahli, orang tua, dan remaja untuk mengembangkan Family Center, tempat bagi orang tua untuk mengawasi akun anak mereka dengan menggunakan teknologi Meta,” kata Mosseri.

Lalu apa fungsi dari fitur parental control? Jadi sesuai namanya, fitur tersebut akan membantu orang tua mengawasi aktivitas media sosial anak selama menggunakan Instagram.

Contohnya untuk melihat seberapa banyak waktu yang dihabiskan anak mereka di Instagram, menetapkan batas waktu pemakaian Instagram anak, menerima pembaruan tentang apa saja akun yang diikuti oleh anak (dan akun yang mengikuti mereka juga), dll.

fitur pengawasan orang tua instagram

Di sisi lain, Instagram memang sudah lama berencana meluncurkan fitur parental control. Apalagi di zaman serba canggih seperti saat ini, pengawasan terhadap remaja memang perlu lebih diperketat.

Ditambah lagi Instagram adalah media sosial yang bebas. Di sana, anak-anak bisa terhubung dan berkenalan dengan orang asing di seluruh dunia. Kalau kurang pengawasan dan sampai salah pergaulan, bisa repot urusannya. Anak-anak berpotensi menjadi korban tindak kejahatan di media sosial, penculikan, dll.

Makanya, Instagram bertekad untuk memberi orang tua fitur kontrol pengawasan. Walau saat ini sudah resmi diluncurkan, tapi Instagram berjanji kalau mereka akan terus menambahkan fitur-fitur baru dalam kontrol pengawasan orang tua.

Fitur pertama yang rencananya akan ditambahkan Instagram adalah opsi untuk mengaktifkan pengawasan. Fitur tersebut rencananya akan tiba sekitar bulan Juni 2022. Instagram membocorkan setelah fitur tersebut diaktifkan, anak-anak perlu menyetujui permintaan pengawasan yang dikirim oleh orang tua mereka.

Selain itu, Instagram juga bakal memungkinkan orang tua mengatur jam di mana anak mereka bisa mengakses Instagram. Fitur ini berbeda dengan durasi pemakaian aplikasi seperti yang sudah ada saat ini. Kalau durasi adalah batas waktu pemakaian aplikasi, maka fitur yang akan datang lebih menyasar ke jadwal pemakaian aplikasi (contohnya anak baru bisa mengakses Instagram pada jam 8 malam, dll).

Sementara itu, para orang tua kini bisa mengontrol pengawasan dari situs web baru bernama Family Center. Situs web ini juga akan menyediakan pusat pendidikan baru yang memberi orang tua akses ke artikel, video, dan tips mengedukasi anak tentang pemakaian media sosial.

    %d blogger menyukai ini: