Instagram Saingi YouTube Dengan Aplikasi IGTV

aplikasi IGTV Instagram

Instagram membuat pengumuman besar-besaran. Mereka merilis aplikasi IGTV. Sebuah aplikasi untuk video berdurasi panjang dalam format vertikal. Setelah Snapchat, kelihatannya Instagram akan menyaingi YouTube.

Instagram merupakan media sosial paling populer saat ini. Bersama dengan pengumuman aplikasi IGTV, Instagram juga menyebutkan bahwa mereka sudah mencapai jumlah satu milyar pengguna aktif!

Salah satu fitur paling populer di Instagram saat ini tentu saja Stories. Kepopuleran Stories menunjukkan bahwa video berformat vertikal masih menyimpan potensi.

Begitulah aplikasi IGTV lahir. Aplikasi ini dibuat khusus untuk pengguna smartphone. Jadi video di dalamnya memiliki format vertikal dan full screen. Posisi yang menurut Instagram paling natural untuk smartphone.

aplikasi igtv android

Tampilan aplikasi IGTV Android

Berbeda dengan video di Instagram atau di Stories, video di IGTV memiliki durasi yang lebih panjang. Alih-alih hanya satu menit, tiap video bisa berdurasi sampai satu jam. Jadi memang ditujukan sebagai sebuah tontonan. Bukan sekedar berbagi momen.

Lalu, perbedaan lain terletak pada bagaimana aplikasi bekerja. Saat kamu membuka aplikasi, kamu tidak perlu mencari atau melihat konten dari orang yang kamu ikuti di Instagram. Seperti TV, IGTV langsung menyajikan berbagai pilihan video sejak awal. Kamu bisa memilih kategori seperti “For You”, “Following”, “Popular”, dan “Continue Watching”.

profil igtv dan instagram

Profil IGTV dan Instagram

IGTV menggunakan pendekatan ala YouTube dengan menggunakan channel. Tiap akun Instagram bisa memiliki channel. Bahkan channel di IGTV juga akan hadir di profil Instagram.

Bisa kamu lihat. Dengan Stories, Instagram berhasil menyaingi Snapchat — bahkan mengalahkan mereka untuk pengguna global. Sekarang mereka membuat media tontonan berdurasi panjang. Yang berarti akan bersaing dengan YouTube.

BACA JUGA
VERO – Salah Satu Media Sosial Pesaing Instagram

Saat ini YouTube memang menjadi raja untuk tontonan video online. Namun kebanyakan video YouTube masih memiliki format video konvensional. Ya, karena Google juga menyasar pengguna TV.

Instagram secara spesifik menyasar pengguna smartphone dengan format video vertikal. Seperti kita ketahui, smartphone merupakan perangkat yang paling dekat dan paling sering kita gunakan. Dengan format vertikal, kita tidak perlu mengubah posisi handphone saat menonton.

Nah, bagaimana menurutmu? Apakah video berformat vertikal akan menjadi standar baru tontonan? Apakah aplikasi IGTV bisa menyaingi YouTube? Yah, untuk mengetahuinya, silakan coba aplikasi ini.

Download (Android)

Download (iOS)

Ada komentar?