Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Instagram Minta Maaf Server Down, Pengguna Kena Suspend, dan Follower Berkurang

aplikasi instagram dark mode
Anom Penulis

Pada hari Senin malam, tanggal 31 Oktober 2022, Instagram down. Hal ini menyebabkan banyak pengguna menerima peringatan suspend. Kekacauan ini bahkan membuat topik tersebut menjadi trending topic di Twitter.

Saat error itu berlangsung, Instagram mengunci akun pengguna dan mengirimkan pemberitahuan bahwa akun pengguna itu telah ditangguhkan pada tanggal 31 Oktober 2022. Juga ada pemberitahuan kalau pengguna punya waktu 30 hari untuk menyetujui keputusan tersebut.

Di dalam peringatan itu juga ada poin-poin yang menyebutkan kalau pengguna tidak mematuhi Pedoman Komunitas, jika Instagram tidak bisa mengkonfirmasi akun maka akun bersangkutan akan dihapus, dan akun saat ini tidak terlihat dari pengguna Instagram lainnya.

Berdasar laporanThe Verge, insiden ini nampaknya lebih banyak mempengaruhi pengguna iPhone. Para pengguna iPhone juga mengeluhkan kalau sebelumnya aplikasi Instagram sempat crash atau tidak bisa dipakai.

Dalam posisi puncaknya, insiden Instagram down ini menghasilkan lebih dari 7000 keluhan di situs downdetector.com. Yaitu pada sekitar pukul 10 malam.

instagram down di downdetector
Gambar: downdetector

Beberapa pengguna juga mengalami pengurangan jumlah follower. Seperti profil Christiano Ronaldo yang menunjukkan kehilangan sejumlah 3 juta follower. Akun resmi Instagram sendiri juga menunjukkan pengurangan jumlah follower jutaan.

Instagram menyadari insiden ini dan memberi pernyataan melalui akun @InstagramComms di Twitter.

Mereka mengatakan, “Kami paham bahwa kalian menghadapi masalah waktu mengakses akun Instagram. Kami sedang memeriksanya, dan memohon maaf atas ketidaknyamanan ini.”

Proses penyelesaian masalah cukup memakan waktu. Paling tidak sampai sekitar 8 jam setelah tweet di atas, Instagram baru memberitahu jika masalah sudah terselesaikan.

Melalui akun Twitter di atas, Instagram menyatakan, “Kami sudah menyelesaikan masalah bug ini sekarang — yang menyebabkan pengguna dari berbagai belahan dunia mendapat masalah ketika mengakses akun mereka dan menyebabkan perubahan jumlah follower. Maaf!”

Baca Juga:  Hati-Hati! Ini Dia 4 Cara Menghindari Shadow Banned di Instagram

Setelah Instagram down cukup lama, kini server sudah pulih dan bisa diakses dengan normal kembali.


Jangan lupa juga baca juga artikel seru seputar teknologi lainnya di Urbandigital. Baca juga berbagai artikel soal gadget, aplikasi, game, atau tutorial lain dari saya, Anom

Jika ada pertanyaan atau saran lebih lanjut, bisa tulis di kolom komentar, atau kirim email ke [email protected] Jangan lupa, ikuti kami di Google News.


Sumber:

  • The Verge — https://www.theverge.com/2022/10/31/23432703/instagram-down-outage-suspended-account-banned
  • Akun Twitter Instagram — https://twitter.com/InstagramComms/status/1587202825762766848