Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Instagram Reels akan Hadirkan Opsi Durasi Video Hingga 90 Detik

Long, long maaaaan....

Indri Penulis

Instagram akan menambah opsi durasi 90 detik untuk video Reels. Bahkan kini Instagram sudah mulai menguji coba opsi terbarunya itu.

Persaingan antara Instagram Reels dan TikTok makin ketat. Walau nggak bisa dipungkiri fitur-fitur yang ada di TikTok jauh lebih lengkap dan ramah pengguna dibanding Reels (cara pakai Reels masih lumayan membingungkan), tapi basis pengguna Reels kini semakin menanjak. Apalagi fitur Reels menyatu di Instagram yang notabene salah satu raksasa media sosial di dunia.

Supaya fiturnya nggak ketinggalan jauh dari TikTok, Instagram hampir secara konsisten menambahkan fitur baru ke dalam Reels. Contoh yang paling gampang adalah penambahan opsi durasi video, dari dulu yang awalnya cuma 15 detik, sekarang bertambah menjad 60 detik.

Video vertikal berdurasi 60 detik tentu sudah lumayan panjang. Tapi kalau menurutmu durasi segitu masih kurang panjang, tenang. Instagram kabarnya akan segera menambahkan opsi durasi video yang lebih panjang buat Reels.

Menurut leaker Instagram, Alessandro Paluzzi, Instagram kini tengah menguji coba durasi Reels yang lebih panjang. Paluzzi menambahkan kalau dalam waktu dekat, mungkin Instagram akan menambahkan opsi durasi video Reels hingga 90 detik (satu setengah menit).

Seperti yang kamu lihat dalam cuitan Paluzzi di atas. Selain caption, cuitan di atas juga turut menampilkan hasil screenshot yang ia dapatkan dari aplikasi Instagram. Bisa kamu lihat dalam tombol durasi video, ada tulisan angka ‘90’ yang menunjukkan opsi durasi video.

Tapi perlu kamu ingat, opsi durasi 90 detik ini belum diluncurkan secara resmi ke pengguna. Selain itu, Instagram juga belum mengonfirmasi apa pun soal kabar tersebut.

Baca Juga:  Instagram Reels Sekarang Dukung Stiker “Add Yours” dan Fitur Baru Lainnya

Namun kalau durasi 90 detik benar-benar diluncurkan, jelas ini akan menjadi peningkatan yang cukup signifikan buat Reels. Awalnya Reels hanya menyediakan opsi 15 detik, kemudian opsi tersebut digandikan menjadi 30 detik, lalu sekarang digandakan lagi menjadi 60 detik/1 menit.

Selain itu, strategi Instagram untuk memperpanjang durasi video Reels sangat masuk akal. Pasalnya rival terberatnya, TikTok telah memungkinkan penggunanya untuk merekam video yang lebih lama. Nggak tanggung-tanggung, durasi maksimal yang ditawarkan TikTok saat ini telah mencapai 3 menit.