Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Instagram Siapkan Fitur “Exclusive Story” – Saingi Super Follow Twitter?

illustrasi: Freepik
Indri Penulis

Instagram sedang bikin fitur Super Follow Twitter versinya sendiri bernama “Exclusive Story.” Mampu kah dia menyaingin Super Follow?

Rumor ini berasal dari tangkapan layar yang ditemukan Alessandro Paluzzi baru-baru ini. Tangkapan layar tersebut memperlihatkan fitur anyar Instagram yang bernama “Exclusive Story.”

Tak butuh waktu lama, Instagram pun angkat bicara dan mengonfirmasi kalau tangkapan layar itu memang prototipe fitur yang saat ini tengah dikembangkan.

Sayangnya Instagram memilih bungkam, alias nggak mau menyampaikan lebih detil soal Exclusive Story. Tapi meski tak diberi tahu pun, dengan melihat tangkapan layarnya saja, setidaknya kita sudah mendapatkan sedikit gambaran soal fitur tersebut.

Sumber : Tech Crunch

Menurut tangkapan layar yang beredar, Instagram sepertinya bakal memungkinkan kreatornya untuk mempublikasikan apa yang disebut “Exclusive Story” ke akun mereka.

Namanya saja sudah “Exclusive,” jelas Story model begini nggak bisa dilihat oleh sembarang orang. Hanya orang-orang yang mau berlangganan ke kreator tertentu saja, yang bisa nonton Exclusive Story.

Sementara itu, untuk membedakan Exclusive Story dengan Story biasa, Instagram membuatnya berwarna ungu (setidaknya untuk saat ini).

Sumber : Tech Crunch

Selain mengunggah Exclusive Story seperti biasa, kreator juga bisa membagikannya ke Highlight. Dengan begitu, anggota yang baru bergabung bakal bisa melihat Exclusive Story yang pernah mereka bagikan sebelumnya.

Buat pengguna yang bisa nonton Exclusive Story (otomatis dia anggota), mereka nggak bisa me-screenshot Story tersebut. Sedangkan untuk pengguna biasa (non-anggota) dan menemukan Exclusive Story, mereka bakal melihat pesan yang mengatakan bahwa “hanya anggota” yang bisa melihat konten tersebut.

Di sisi lain, Exclusive Story hanyalah salah satu rencana Instagram buat memonetisasi platform-nya. Mungkin boleh dibilang, Instagram terinspirasi oleh Super Follow bikinan Twitter.

Baca Juga:  Dianggap Menyalahi Aturan, Instagram Hapus Akun Resmi PornHub!

Super Follow pun sama, menganjurkan orang-orang agar mau berlangganan ke kreator dan sebagai imbalannya, mereka bisa nonton konten-konten eksklusif yang dibikin oleh kreator tersebut.

Proyek monetisasi Instagram sepertinya juga nggak berhenti sampai di situ saja. Platform yang dikepalai Adam Mosseri ini kelihatannya juga ingin menjajaki dunia NFT.

Masih dari Alessandro Paluzzi, dia baru-baru ini menemukan referensi fitur NFT, Collectibles, yang menunjukkan bagaimana koleksi digital bisa muncul di profil Instagram kreator (logo piala). Sayangnya untuk fitur yang satu ini, Instagram belum mau menanggapi apa pun.

Tapi kalau pun benar Instagram ingin melebarkan sayap ke ranah NFT, pasti keren banget deh. Apalagi kan NFT saat ini benar-benar lagi nge-trend. Lha wong meme receh saja bisa jadi NFT, apalagi gambar-gambar lainnya.

Hm, gimana pendapatmu?