Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Hore.. Instagram akan Tambahkan Fitur Auto Caption ke Semua Video

Indri Penulis

Instagram mengumumkan fitur Auto Caption atau Caption Otomatis di video. Sebelumnya, fitur tersebut hanya ada di dalam Instagram Stories.

Persaingan Instagram dengan TikTok semakin panas. Perlahan tapi pasti, satu per satu fitur TikTok mulai diboyong Instagram ke platform-nya.

Contohnya April 2021, ketika TikTok memperkenalkan fitur Auto Caption. Sesuai namanya, fitur tersebut memungkinkan video TikTok bisa mentranskripsikan audio menjadi teks secara otomatis. Fitur ini diklaim mampu membantu pengguna berkebutuhan khusus (seperti tuna rungu) untuk mengetahui informasi yang disampaikan dalam video.

Instagram juga nggak mau kalah! Sebulan setelahnya atau tepatnya di bulan Mei 2021, Instagram mengenalkan fitur Auto Caption untuk Instagram Stories. Cara kerja fitur Instagram ini juga mirip dengan TikTok. Cuma bedanya, fitur Auto Caption berbentuk stiker yang harus ditempelkan pada Instagram Stories.

Maret 2022, Instagram berencana untuk memperluas akses Auto Caption. Kalau sebelumnya fitur tersebut hanya untuk Instagram Stories, rencananya fitur tersebut akan bisa dinikmati di semua video Instagram. Kabar ini disampaikan langsung oleh pimpinan Instagram, Adam Mosseri lewat akun Twitter-nya.

Sebelum adanya fitur ini, konten kreator harus menambahkan caption secara manual ke dalam video mereka. Jelas hal tersebut bakal memakan banyak waktu. Apalagi buat konten kreator pemula yang belum terlalu menguasai teknis ‘tambah-menambah’ caption, bisa-bisa mereka menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk menambahkan teks otomatis ke dalam video.

Baca Juga:  5 Tips Jitu Optimalkan Instagram Live untuk Konten Kreator Ala Meta

Tapi setelah adanya Auto Caption untuk video, hal tersebut diharapkan bisa memudahkan konten kreator untuk memposting video. Pasalnya Auto Caption akan aktif secara default, alias mereka nggak perlu mengaktifkannya terlebih dulu.

Konten kreator juga bisa tenang, karena video-nya kini bisa dinikmati oleh semua orang (termasuk yang berkebutuhan khusus sekali pun). Mereka jadi nggak perlu repot-repot menambahkan caption secara manual.

Dilansir dari The Verge, Auto Caption akan tersedia dalam ‘bahasa tertentu.’ Tapi nggak perlu khawatir, Instagram berjanji kalau mereka akan menambah pilihan bahasa di Auto Caption, dalam beberapa bulan mendatang.