Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Instagram Uji Bentuk Tampilan Posting Terbaru di Halaman Profil

Indri Penulis

Instagram kini sudah mulai melakukan uji coba kemampuan untuk menyesuaikan bentuk tampilan posting Feed yang ada di halaman Profil, untuk beberapa pengguna.

Sebagai salah satu raksasa media sosial di dunia, bisa dikatakan jika Instagram adalah media sosial ‘paket lengkap.’ Bagaimana tidak, berbagai fitur unik dan bermanfaat bisa kita temukan di Instagram. Contohnya fitur buat bikin Stories, fitur Reels yang mirip TikTok, sampai fitur Shop pun ada di sana.

Terlepas dari berbagai fitur unik yang dimilikinya, fungsi utama Instagram tetap sama. Yakni sebagai media untuk berbagi foto dan video. Cuma semakin ke sini, makin banyak pengguna yang memanfaatkan Instagram untuk membuat postingan Feed yang estetik. Tujuannya sendiri nggak cuma buat kesenangan pribadi saja, tapi juga untuk menarik minat orang lain sehingga jumlah followers bertambah.

Sayangnya selama ini Instagram tidak memungkinkan penggunanya untuk mengatur tata letak postingan Feed. Jadi pengguna Instagram nggak bisa leluasa merapikan tampilan Feed-nya.

Tapi kabar bagusnya, beberapa waktu lalu muncul kabar jika Instagram tengah mengembangkan fitur Edit Grid. Fitur tersebut memungkinkan pengguna Instagram menggeser tata letak postingan Feed ‘nggak peduli tanggalnya.’

Akhir Mei 2022 ini, Instagram kabarnya mulai melakukan uji coba kemampuan untuk menyesuaikan bentuk tampilan Feed di halaman Profil.

Temuan pertama dibagikan oleh Alessandroo Paluzzi. Berdasarkan temuan yang dibagikan akun tersebut, dalam proses uji coba, pengguna bisa memilih dan memotong bagian gambar mana yang akan ditampilkan di halaman Profil Instagram.

Kemampuan ini cocok banget buat orang yang suka menggabungkan thumbnail dari setiap gambar yang ada di profil mereka. Sehingga saat orang lain mengunjungi halaman profilnya, pengunjung akan melihat seolah ada satu foto kohesif yang terpecah menjadi beberapa bagian.

Nah kalau temukan yang kedua ini berasal dari Salman Memon. Uji coba yang satu ini menurut saya nggak kalah seru. Pasalnya dalam uji coba kali ini, pengguna Instagram bisa memilih rasio foto aspek 4:5 sebelum memposting foto. Jadi nanti saat tampil di Feed foto tidak akan akan terpotong menjadi persegi seperti biasanya, melainkan tampil memanjang seperti foto potret.

Hm.. Walau sudah melakukan uji coba, tapi sepertinya itu bukan uji coba fitur Edit Grid seperti rumor sebelumnya. Pasalnya kedua uji coba di atas cuma memungkinkan pengguna mengedit postingan Feed-nya, bukan menggeser postingan Feed seperti gosip sebelumnya.

Di sisi lain, saat ini kedua fitur tersebut memang sedang diuji Instagram. Tapi belum ada jaminan bahwa keduanya akan rilis dalam waktu dekat.

    %d blogger menyukai ini: