Instagram Uji Tampilan Full Screen untuk Feed Video

Indri Penulis

Instagram mulai uji coba tampilan full screen untuk video di Feed, dengan harapan untuk membuat konten di dalamnya mudah dilihat dan lebih imersif.

Menurut juru bicara Meta, Siene Kim, uji coba tampilan full screen untuk Feed Instagram ini telah dilakukan ke sekelompok pengguna dalam jumlah terbatas. Ini adalah strategi baru Instagram untuk bersaing dengan TikTok dalam hal konten video.

Kalau kamu kebetulan kebagian uji coba, kamu bakal melihat video dengan tampilan penuh / full screen saat menggulir Feed (bilah navigasi akan tetap muncul di bawahnya). Deskripsi, dan juga tombol yang memungkinkan kamu memfavoritkan / mengomentari video bakal muncul di bagian bawah. Sedangkan logo Instagram dan tombol atas lainnya bakal mengambang di atas.

Sebenarnya eksperimen tampilan layar penuh sudah pernah diuji coba Instagram pada Feed sebelumnya. Mei lalu, Instagram sempat menguji desain yang dirancang untuk menyorot video (yah alau desain tersebut masih menampilkan bilah putih di bagian atas dan bawah layar). Desain tersebut juga meninggalkan bilah navigasi utama di bagian bawah, membuat sebagian besar desainnya tampak tidak berubah.

Sementara itu, eksperimen tampilan UI sepertinya adalah strategi lain yang dipakai Instagram supaya agar tetap kompetitif dengan TikTok.

instagram uji feed full screen

CEP Meta, Mark Zuckerberg dalam Instagram Stories-nya mengatakan bahwa foto ‘masih menjadi bagian yang penting dalam Instagram,’ dan Meta tengah berupaya untuk membuatnya lebih imersif lewat Feed full screen.

Sedangkan di sisi lain, pimpinan Instagram, mengatakan hal yang agak berbeda. Ia mengatakan bahwa gambar diam / foto kini sudah bukan fokus utama Instagram. Lewat pernyataan tersebut, bisa dibilang kalau Instagram bakal mengalihkan prioritas utamanya ke konten berbasis video seperti Instagram Reels, dan yah.. Sesuai dengan tren yang ada di saat ini.

Sementara itu masih belum jelas kapan tampilan Feed full screen Instagram akan diluncurkan secara resmi ke semua pengguna. Tapi kalau sudah memasuki tahap uji coba seperti sekarang ini, mungkin kita tidak perlu menunggu lama.

    %d blogger menyukai ini: