Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Uji Coba Instagram Hapus Tab “Recent” di Hasil Pencarian Hashtag

Indri Penulis

Instagram sedang melakukan uji coba baru. Dalam uji coba ini, Instagram hapus tab “Recent” dari hasil pencarian hashtag. Pengujian ini jelas akan mempersulit pengguna untuk melihat konten terbaru yang diunggah ke Instagram.

Saat ini jika kita ingin mencari semua jenis postingan terbaru Instagram, kita hanya perlu mencarinya lewat hashtag/tagar tertentu. Setelah itu kumpulan postingan terbaru dengan tagar yang kita cari akan muncul di tab “Recent” atau “Terbaru.”

popculture.id

Sayangnya dalam uji coba yang dilakukan Instagram saat ini, Instagram justru menghapus tab “Recent.” Hasilnya nanti cuma ada dua tab yang tersisa yakni “Top” (khusus untuk postingan dengan jumlah like terbanyak) dan “Reels” (khusus video Reels).

Instagram mengatakan kalau uji coba ini akan menggabungkan ‘konten yang lebih baru dan tepat waktu’ di kedua grup, untuk melihat bagaimana orang terlibat dengannya.

Saat pertama kali diperkenalkan di Instagram, hashtag bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk menyoroti tren foto. Tapi sekarang, hashtag punya fungsi rangkap yakni sebagai cara bagi pengguna untuk mendapatkan lebih banyak klik dan like.

Berdasarkan penuturan dari Instagram, tab “Top” digunakan untuk menunjukkan postingan populer. Sedangkan tab “Recent” dipakai untuk menunjukkan konten berdasarkan urutan postingan, nggak peduli berapa banyak like yang didapat. Karena Instagram ingin membuat platform-nya seringkas mungkin, jadi mereka memutuskan untuk menghilangkan tab “Recent.”

Sementara itu, Instagram sendiri kini terus mengandalkan algoritme untuk menampilkan konten yang lebih bervariasi (dan tentunya lebih gampang buat dipasarkan) kepada pengguna. Meskipun yah, ada reaksi negatif dari pengguna yang lebih suka melihat feed mereka dalam urutan kronologis.

Hilangnya tab “Recent” mungkin akan mengundang banyak komentar negatif dari pengguna Instagram. Pasalnya mereka akan kesulitan menemukan konten-konten terbaru di Instagram. Apalagi kalau konten yang mereka cari hastag-nya tentang selebriti tertentu, berbagai informasi terbaru tentang artis tersebut jadi sulit ditemukan. Hal ini juga akan merugikan para pemilik portal berita di Instagram.

Kalau menurutmu gimana soal aksi Instagram yang hapus tab “Recent” dari hasil pencarian hashtag? Setuju atau nggak? Kalau saya pribadi sih sebenarnya agak kurang setuju sih. Alasannya sama seperti yang saya jelaskan sebelumnya.

    %d blogger menyukai ini: