Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Instagram Uji Alat Monetisasi Berupa Fitur “Gifts” Buat Kreator

Indri Penulis

Instagram tengah uji coba alat monetisasi baru berupa fitur “Gifts.” Fitur ini bisa dipakai penonton untuk memberikan hadiah untuk kreator favoritnya.

Berbagai platform media sosial saat ini makin gencar menghadirkan fitur monetisasi yang bisa menyejahterakan para kreator. Hal ini ditandai dengan hadirnya fitur tip atau donasi di beberapa platform media sosial selama beberapa tahun terakhir.

popculture.id

Instagram pun nggak mau ketinggalan dengan tren yang satu ini. Beberapa bulan lalu, Instagram kabarnya telah mengembangkan fitur hadiah untuk konten kreator.

Kabar tersebut pertama kali disampaikan oleh Alessandro Paluzzi pada bulan Juli. Dalam keterangannya, Paluzzi menemukan sebuah toggle di bawah menu bernama “Content Appreciation” di Instagram.

Waktu itu, Paluzzi menggambarkan fitur tersebut sebagai cara bagi penggemar yang ingin memberikan ‘penghargaan’ atau ‘hadiah’ buat konten kreator. Kemudian di bulan Agustus, Paluzzi melaporkan kalau fitur tersebut telah berganti nama menjadi “Gifts.”

September ini, Meta (via Business Insider) secara resmi mengonfirmasi bahwa mereka tengah mengerjakan proyek Gifts. Lebih lanjut, uji coba fitur Gifts saat ini sudah dilakukan secara internal oleh Instagram.

Walau sudah dikonfirmasi, tapi sampai sekarang detil soal fitur tersebut masih sangat minim. Tapi mungkin cara kerja fitur Gifts nggak akan jauh beda dengan platformi lain yang punya fitur serupa.

Katakanlah seperti TikTok, yang punya fitur serupa bernama Gifts. Fitur tersebut memungkinkan penonton mengirim hadiah saat sebuah video muncul di halaman For You, atau dikirim selama sesi siaran langsung.

TikTok sendiri menyajikan dua jenis hadiah yang bisa dipilih penonton, yakni Classic dan Premium. Fitur Gifts TikTok juga memungkinkan penonton melampirkan pesan khusus agar lebih cepat di-notice konten kreator favorit.

Sementara itu ketika fitur Gifts Instagram sudah resmi diluncurkan, sebenarnya belum ada jaminan jika fitur yang saat ini masuk tahap uji coba itu akan berhasil.

Tapi kalau kehadiran Gifts bisa membawa kesuksesan besar buat Instagram, ini jelas akan sangat menguntungkan para konten kreator. Pasalnya mereka akan bisa mendapat penghasilan tambahan dengan nominal yang lebih besar.

    %d blogger menyukai ini: