Instagram Mulai Uji Coba Fitur Pin Postingan Favorit di Halaman Profil

Indri Penulis

Instagram tengah menguji coba fitur pin postingan di Profil. Fitur ini memungkinkan kamu menyematkan postingan favorit di halaman Profil Instagram.

Fitur ‘pin’ biasa digunakan untuk menyematkan komentar tertentu. Instagram sebagai salah satu raksasa media sosial sudah memiliki fitur pin komentar sejak tahun 2020. Fitur ini memungkinkan pemilik akun menyematkan komentar tertentu di bagian atas kolom komentar postingan mereka.

Di tahun 2022 ini, Instagram sempat ‘mengkode’ penggunanya soal fitur pin baru. Fitur ini disebut-sebut bisa dipakai untuk menyematkan postingan favorit di halaman Profil Instagram.

Akhir April ini, Instagram sudah mulai melakukan uji coba fitur pin postingan di beberapa pengguna. Kabar ini dibeberkan oleh Salman Memon di Twitter.

Seperti yang bisa kamu lihat pada gambar di atas, pengguna yang kebagian uji coba akan melihat opsi baru “Pin to your profile” saat mengklik pengaturan postingan (klik titik tiga di pojok postingan) Instagram mereka. Saat opsi tersebut diklik, Instagram akan menyematkan foto/video tersebut ke ‘bagian paling atas’ postingan profil.

Jadi nanti walaupun kamu memposting konten-konten baru, konten tersebut letaknya akan tetap berada di bawah postingan yang sudah di-pin. Sebenarnya cara kerjanya sama seperti fitur pin yang ada di Twitter, cuma beda tampilannya saja.

Sementara itu berdasarkan unggahan Salman Memon, sepertinya Instagram cuma membatasi penggunanya untuk menyematkan ‘maksimal 3 postingan’ di bagian atas profil mereka.

Di sisi lain, sebenarnya fitur ini sudah mulai dibocorkan sejak Januari 2022 oleh Alessandro Paluzi (sebelum masuk tahap uji coba). Variasi awalnya bisa kamu lihat dalam postingan Alessandro Paluzi di bawah ini.

Nggak cuma itu, Januari lalu, Alessandro Paluzi juga membocorkan kalau Instagram tengah mempersiapkan fitur ‘Edit Grid.’ Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna Instagram mengatur ulang galeri profil sesuai selera, nggak peduli kapan foto/video tersebut diunggah. Sayangnya sampai sekarang, Instagram sepertinya belum memulai tahap uji coba untuk fitur tersebut.

Oke, balik lagi ke fitur pin postingan di Instagram. Walau belum resmi rilis, tapi saya pribadi yakin kalau fitur ini akan sangat membantu. Khususnya buat pemilik toko online di Instagram. Kalau punya promo-promo menarik, mereka bisa menyematkan postingan promo di bagian paling atas profil. Dengan begitu saat mereka memposting konten baru, konten promo akan tetap berada di atas dan nggak tertimbun postingan lain. Gimana menurutmu?

    %d blogger menyukai ini: