Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Instagram Mulai Uji Coba Fitur Posting NFT di Amerika Serikat

Indri Penulis

Fitur NFT akan segera tersedia Instagram. Hal ini ditandai dengan Instagram yang akan melakukan uji coba fitur posting NFT dalam waktu dekat.

Nasib kreator dan kolektor non-fungible token atau NFT sepertinya makin mujur. Bagaimana tidak, sejak popularitas NFT melejit, berbagai perusahaan teknologi kini berusaha menghadirkan dukungan NFT ke dalam platform-nya.

popculture.id

Bahkan beberapa media sosial sekelas Instagram pun nggak mau ketinggalan. Sejak beberapa bulan lalu, Meta telah mengonfirmasi jika mereka akan segera menambahkan dukungan NFT ke dalam Instagram dan Facebook.

Mei ini, CEO Meta, Mark Zuckerberg mengonfirmasi lewat sebuah postingan blog bahwa perusahaannya tengah melakukan uji coba fitur posting NFT di Instagram. Nggak cuma itu, fitur yang serupa juga akan segera hadir di Facebook.

Lebih lanjut, kepala Instagram, Adam Mosseri, mengatakan dalam sebuah video bahwa ‘sebagian pengguna di AS’ akan dibekali kemampuan untuk memposting NFT di feed, Instagram Stories, dan DM.

Nantinya tampilan NFT akan mirip dengan profil atau produk yang ditandai dalam postingan. Cuma bedanya nanti NFT akan menampilkan label ‘Digital Collectibles.’ Saat kamu mengklik tag tersebut, kamu akan melihat detil seperti nama pembuat dan pemilik NFT.

Adam Mosseri juga mengatakan kalau tes uji coba ini dilakukan Instagram berdasarkan feedback yang mereka dapatkan dari komunitas.

Saya mau jujur kalau NFT, teknologi blockchain dan Web3 adalah tentang mendistribusikan kepercayaan serta kekuatan,” kata Mosseri. “Tapi Instagram pada dasarnya adalah platform terpusat, jadi mungkin akan ada sedikit ‘ketegangan’ (kecanggungan) di sana,” tambahnya.

Untuk sementara ini, Instagram hanya mendukung NFT yang dicetak di blockchain Ethereum dan Polygon. Tapi ke depan, rencananya Instagram akan menambah dukungan NFT Solana dan Flow ke dalam platform-nya.

Di sisi lain, Instagram bukanlah media sosial pertama yang menambahkan dukungan NFT ke dalam platform-nya. Sebelumnya, Twitter telah mencuri start dengan menambahkan dukungan NFT lewat foto profil pengguna.

Karena persaingan antar media sosial dalam menghadirkan dukungan NFT ke dalam platform-nya semakin ketat, rasanya cukup menarik untuk melihat perkembangan NFT di platform media sosial ke depannya.

    %d blogger menyukai ini: