Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Instagram Windows Phone 8 vs Instagram Android

Sampai hari ini ternyata  masih banyak yang tidak tahu bahwa kita juga bisa ber-instagram di Windows Phone.  Ya, instagram di Windows Phone bisa diakses menggunakan aplikasi 6tag.  Mungkin banyak diantara kamu yang bertanya, apakah 6tag sebagus Instagram di android? kita akan membahasnya disini.

Saat membuka Instagram di android, penulis merasakan aplikasi lebih cepat dibuka dibanding aplikasi 6tag dibuka.  Perbedaannya sekitar 3-4 detik, cukup mengganggu.  Tapi saat aplikasi telah terbuka, penulis rasakan perpindahan menu di 6tag lebih mulus dari Instagram for andoid.  Mungkin pengalaman berbeda dialami di smartphone dengan spesifikasi lebih tinggi (penulis menggunakan android dan lumia sama-sama dual core dengan ram 512).

popculture.id

Tampilam pertama instagram saat dibuka tentu adalah timeline kita (home), dari sini kita bisa swipe ke kanan atau kiri ke tab news, likes, follower dll.  Tidak ada perbedaan signifikan pada kedua platform, perbedaan yang mendasar penulis rasakan adalah di windows phone tampilan lebih bersih, sementara di android informasi sinyal, batre terlihat dibagian atas. Bagi kamu yang ingin fokus menikmati instagram tentu tampilan ala windows phone lebih menarik, sementara jika kamu ingin banyak informasi tertampil, android jelas lebih menarik.  Selain itu perbedaannya hanya letak tombolnya saja.

Sementara saat mengunggah foto ke instagram, penulis menemukan sedikit perbedaan di jenis filternya, 6tag tidak memiliki filter sama persis dengan instagram android, tapi jumlah filternya setara.  Jika kamu sudah terbiasa dengan filter foto di instagram android, kamu mungkin kesulitan menemukan filter favoritmu di 6tag, tapi bagi orang yang kreatif, penulis rasa  itu bukan suatu masalah besar.

Perbedaan lainnya adalah menu editing foto instagram Android terletak dibagian atas, sementara di Windows Phone di bagian bawah.  Bagi yang biasa mengedit foto (seperti rotasi foto, atur kecerahan dll), solusi Windows Phone lebih memudahkan akses, terutama jika kamu biasa mengoperasikan smartphone dengan satu tangan.  Jika kamu seperti penulis yang jarang berpikir ribet, asal filter lalu upload, tentu perbedaan ini bukan hal penting.

Saat pilihan sharing, Windows Phone punya lebih banyak pilihan sharing foto dari android.  Tapi bagi yang biasa sharing ke twitter dan facebook saja, tentu tidak jadi masalah.  Yang mungkin sedikit mengesalkan adalah tombol upload android letaknya diatas, sehingga agak susah dijangkau pakai satu tangan.

Secara umum penulis rasakan tidak ada perbedaan yang mencolok dari Instagram di Android ataupun di Windows Phone. Dari follow teman, komentar foto, lihat profil, nyaris setara fiturnya.  Tapi karena 6tag bukanlah aplikasi resmi intagram seperti di android, tentu fiturnya tidak sekaya yang official.  Misalnya jika kamu ingin mengganti password, kamu tidak bisa lakukan hal tersebut di 6tag, dan beberapa fitur lainnya.  Tapi untuk kegiatan sosialnya sendiri (upload, komentar, follow dll), penulis bisa simpulkan tidak ada perbedaan signifikan diantara Instagram di Android dan 6tag di Windows Phone.

Perbedaan Pengalaman Pengunaan

Itu tadi perbedaan fitur aplikasi Instagram di Android dan Windows Phone, kali ini penulis akan meninjau perbedaan pengalaman di kedua platform.  Di Android yang penulis rasakan adalah, banyaknya aplikasi pendukung buat instagram.  Misalnya agar kita bisa memfollow orang secara otomatis jika dia memfollow kita, atau aplikasi yang otomatis mentag foto kita ke orang-orang agar mereka me-like foto kita. Penulis tidak temukan aplikasi pendukung seperti itu di Windows Phone, karena penulis bukan Instagram-Mania, di Android sendiri penulis tidak pernah mendownload aplikasi semacam ini juga.

Tapi ada dua pengalaman baru yang penulis rasakan saat berinstagram ria di Windows Phone, dan kedua pengalaman baru ini tidak penulis temukan di Android (bahkan iPhone).

Yang pertama adalah multiple akun, penulis ingat saat aplikasi twitter tak resmi mulai muncul, aplikasi tak resmi ini punya fitur unggulan yakni multiple akun twitter yang tidak didukung aplikasi official saat itu.  Aplikasi ini sangat berguna bagi kita yang punya banyak akun twitter, misal satu akun resmi dimana kita jaga image, sementara satu akun resmi buat senang-senang.

Yang kedua adalah fitur khas Windows Phone: Live Tiles. Fitur ini adalah khas windows phone, kamu bisa pin seseorang yang selalu kamu tunggu uploadan fotonya, misal gebetanmu (tidak terbatas satu gebetan tentunya).  Fitur ini menarik karena kita bisa selalu memantau instagram seseorang dari homescreen kita. Fitur instagram inilah yang penulis paling sukai, memantau secara live akun instagram orang yang penulis cintai, seperti halnya live tiles twitter dan facebook.

Mudahan pengalaman penulis berinstagram di Android dan Windows Phone berguna buatmu.  Jika kamu tertarik melihat pengalaman penulis di Android dan Windows Phone untuk Twitter dan Facebook, silahkan lihat artikel penulis terdahulu:  Pengalaman Social Media di Android dan Windows Phone.

    %d blogger menyukai ini: