Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Chip Intel Alder Lake Gen-12 “U dan P Series” Hadir untuk Laptop Lebih Murah

Indri Penulis

Intel resmi meluncurkan chip terbaru Alder Lake Gen-12 “U dan P Series.” Chip ini diperuntukkan untuk laptop yang lebih tipis, ringan dan terjangkau.

Acara tahunan CES 2022 memang telah digelar Januari lalu. Acara bergengsi tersebut langsung dimanfaatkan berbagai perusahaan teknologi untuk memamerkan produk barunya, salah satunya Intel.

popculture.id

Intel meluncurkan chip Alder Lake Gen-12 di acara CES 2022, tapi hanya untuk jajaran chip “H Series.” Fyi, “H-Series” adalah chip yang khusus ditujukan untuk laptop paling bertenaga dengan konsumsi daya tinggi (contohnya jajaran laptop gaming MSI 2022).

Februari ini, Intel kembali meluncurkan model lain dari Alder Lake Gen-12 yakni “U dan P Series.” Kedua chip yang sempat dipamerkan sekilas di CES 2022 itu akan ditujukan untuk laptop lebih tipis, lebih ringan, dan lebih murah di tahun 2022.

Layaknya sepupu mereka “H Series” yang lebih kuat, chip “U dan P Series” juga memiliki lebih banyak core dibanding model Gen-11 tahun 2020. Mereka berdua menggunakan arsitektur hybrid yang menggabungkan inti kinerja dan efisiensi, untuk memaksimalkan daya dan masa pakai baterai.

Menariknya dalam pengumumannya, Intel menggembar-gemborkan kalau Alder Lake Gen-12 “U dan P Series” mampu meningkatkan kinerja multi-thread hingga 70% lebih baik dibanding chip Gen-11 (dan AMD) sebelumnya.

Intel juga dengan percaya diri mengatakan kalau skor benchmark “U dan P Series” lebih unggul dibanding chip sekelas Apple M1, M1 Pro dan AMD Ryzen R7 5800U untuk tugas-tugas seperti browsing web dan mengedit foto.

Sementara itu kesamaan antara chip “U dan P Series” tak berhenti di situ saja. Mereka berdua telah didukung oleh grafis Intel Iris XE. Ada juga dukungan untuk berbagai standar laptop modern seperti Wi-Fi 6E, Thunderbolt 4 dan Pcle 4.0.

Lalu bagaimana perbedaan antara chip “U dan P Series?” Dimulai dari P-Series terlebih dulu. Walaupun “P-Series” menggunakan lebih sedikit daya dibanding rekan-rekan “H Series,” tapi ada beberapa hal yang membuatnya mirip dengan “H Series.” Contohnya chip ini punya 14-core, serta kecepatan clock dan kinerja keseluruhan yang lebih rendah.

Sementara model “U Series” punya core yang lebih sedikit dibanding “P Series” (antara 6 sampai 10 core). Semua model “U Series” hanya menawarkan dua kinerja core, terlepas dari chip mana yang dipakai laptop/berapa watt yang digunakan laptop.

Di sisi lain, laptop yang akan menggunakan chip “U dan P Series” kabarnya akan hadir di bulan Maret 2022. Sayangnya Intel tak menyebutkan laptop apa itu.

    %d blogger menyukai ini: