Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Intel Bakal Hapus “Celeron” dan “Pentium” Mulai Tahun 2023

Indri Penulis

Intel akan hapus pemakaian nama prosesor “Celeron” dan “Pentium.” Penghapusan kedua nama tersebut akan dimulai pada tahun 2023.

Kabar Intel yang hapus nama Celeron dan Pentium diumumkan langsung di blog resmi mereka. Dengan menghapus skema penamaan Celeron dan Pentium, artinya Intel akan menghentikan dukungan untuk kedua merek tersebut.

popculture.id

Sebagai gantinya, Intel akan menggantikan Pentium dan Celeron dengan prosesor Intel yang lebih generik. Kemungkinan, di segmen premium kita hanya akan melihat merek Intel Core. Sedangkan untuk segmen entry-level kemungkinan akan diisi oleh merek prosesor Intel yang baru.

Mau dipakai untuk bekerja atau bermain, pentingnya PC jadi semakin jelas seiring pesatnya perkembangan teknologi yang terus membentuk dunia,” kata Josh Newman, wakil presiden Intel dan manajer umum sementara Mobile Client Platforms.

Intel berkomitmen untuk mendorong inovasi dan memberi manfaat bagi pengguna, serta keluarga prosesor tingkat pemula kami sangat penting untuk meningkatkan standar PC di semua segmen harga. Branding Prosesor Intel yang baru akan menyederhanakan penawaran kami, sehingga pengguna bisa fokus memilih prosesor yang tepat untuk kebutuhan mereka,” lanjut Newman.

Yah berdasarkan keterangan dari Newman, intinya strategi ini akan memudahkan konsumen saat akan membeli PC baru. Sebab selama ini orang-orang cenderung sulit membedakan mana prosesor Intel kelas premium dengan yang entry-level.

Misalnya kalau pengguna ingin komputer baru dengan prosesor Core i5, maka pengguna bisa memilih prosesor 9W U-Series, 15W U-Series, 28W P-Series, 45W H-Series, 55W HX-Series, 65W S-Series, dan Unlocked K-Series untuk dipilih.

Bayangkan, itu baru prosesor Intel Core i5 lho. Dengan banyaknya model yang ada, konsumen cenderung sulit membedakan antara chip 9W dan 28W di sepasang laptop. Apalagi kalau mereka berdua sama-sama tergabung dalam prosesor Intel Core i5. Oleh karena itu, harus ada pembeda yang lebih jelas baik antar prosesor flagship ataupun entry-level.

Di sisi lain, selama ini Intel juga lebih fokus pada Intel Core. Mereka tidak banyak memberikan pengumuman soal prosesor Pentium dan Celeron. Kalau konsumen menginginkan laptop Windows atau Chromebook murah, tidak ada banyak panduan tentang perbedaan antara Celeron dan Pentium. Bahkan tak sedikit konsumen yang nggak tahu mana yang lebih bagus dari mereka berdua.

Jadi strategi Intel untuk hapus merek Pentium dan Celeron dianggap langkah yang tepat. Setelah itu Intel bisa mengubah skema penamaan prosesor mereka agar lebih ringkas, efisien dan lebih mudah dibedakan.

    %d blogger menyukai ini: