Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Intel Core Generasi ke-13 Hadirkan Peningkatan Kinerja Signifikan

Indri Penulis

Intel resmi mengumumkan jajaran prosesor Intel Core Generasi ke-13. Wah pertempuran prosesor generasi terbaru akhirnya resmi dimulai nih.

Jajaran prosesor Intel Core Generasi ke-13 mencakup 6 prosesor desktop baru yang tidak terkunci. Sesuai bocorannya, prosesor-prosesor ini hadir hingga 24 core, 32 thread dan kecepatan clock hingga 5,8GHz. Dengan spesifikasi seperti itu, prosesor terbaru Intel diklaim mampu meningkatkan pengalaman gaming, streaming dan perekaman yang lebih baik.

Sementara itu, prosesor generasi terbaru Intel dipimpin oleh Intel Core ‘K-Series.’ Keluarga prosesor desktop Intel tersebut akan terdiri dari 22 prosesor dan lebih dari 125 desain sistem mitra.

Lalu sebagai model prosesor terbaiknya, kita akan bertemu dengan Intel Core i9-13900K (yang tergabung dalam Intel Core K-Series). Prosesor andalan ini hadir sebagai pucuk pimpinan sekaligus prosesor desktop tercepat di dunia. Ia dibanderol dengan harga $589 (harganya sama seperti prosesor flagship Intel Core i9-12900K sebelumnya).

Semua prosesor Intel Gen-13 dibangun di atas proses Intel 7 dan arsitektur hibrid kinerja x86. Hal ini membuat prosesor Intel bisa melalui beban kerja multitasking yang paling berat. Selain itu prosesor juga mampu menawarkan kinerja single-thread hingga 15% lebih bagus, dan kinerja multi-thread 41% lebih baik dari generasi sebelumnya.

Bukan cuma itu, arsitektur hibrid di Intel Gen-13 juga berhasil menyatukan P-Core dan E-Core dengan baik. Penggabungan ini bisa memberikan peningkatan kinerja single-thread dan multi-thread yang memberikan pengalaman gaming terbaik di dunia, kemajuan dalam kinerja pembuatan konten, sampai pengalaman overclocking tak tertandingi.

Selain peningkatan performa yang sangat signifikan, Intel Gen-13 juga hadir dengan berbagai fitur baru.

Contohnya ada Intel Adaptive Boost Technology dan Thermal Velocity Boost (ada di Intel Core i9), lebih banyak E-core di Intel Core i5, i7 dan i9 untuk peningkatan kinerja multi-thread, dukungan PCIe Gen 5.0, peningkatan dukungan memori ke DDR5-5600 dan DDR5-5200 + tetap kompatibel dengan DDR4, serta peningkatan hingga 2x cache L2 dan cache L3.

Baca Juga:  AMD Rilis Prosesor Seri Ryzen 5000 & 4000 Edisi 2022 yang Lebih Murah

Oya selain mengenalkan prosesor desktop Intel Gen-13, Intel juga turut mengenalkan chipset Intel 700-Series lho. Chipset ini hadir dengan berbagai fitur canggih untuk meningkatkan keandalan dan kinerja.

Chipset ini hadir dengan 8 jalur PCIe Gen 4.0 yang dikombinasikan dengan PCIe Gen 3.0 (punya total 28 jalur). Chipset ini juga hadir dengan peningkatan port USB 3.2 Gen 2×2 (20Gbps), dan DMI Gen 4.0 untuk meningkatkan througput chipset ke CPU (fungsinya untuk memberikan akses cepat ke perangkat periferal dan jaringan).

Baiklah itu tadi sedikit gambaran tentang prosesor Intel Core Generasi ke-13 dan chipset Intel 700-Series. Dalam pengumumannya, prosesor desktop “K-Series” Intel Core Gen-13 dan chipset Intel 700-Series akan tersedia mulai 20 Oktober 2022 (termasuk kotak prosesor, motherboard dan penjualan sistem desktop).