Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Internet di Jakarta Lebih Lemot? Ini Alasannya!

Memang cukup mengejutkan jika internet di pulau Jawa, khususnya di Jakarta, terbilang lemot dibandingkan wilayah lain. Bayangkan, pulau dengan banyak kota besar di dalamnya.

Tapi hal ini tentunya bukanlah tanpa alasan. Menurut hasil riset yang telah dilakukan di 44 kota di Indonesia, pulau Jawa memang memiliki kecepatan internet yang cukup buruk.

Meskipun ada banyak kota besar di Pulau Jawa, anehnya justru tidak membuat kecepatan internet di sana secepat di daerah lain di Indonesia. Kecepatan unduhan dan unggahan tertinggi justru berada di kota-kota yang tidak diduga.

Sumber Gambar : Tekno Tempo.co

Alasan utama mengapa kecepatan internet lebih lemot adalah karena tingginya populasi penduduk. Sayangnya, hal ini justru tidak diimbangi dengan pengembangan kapasitas oleh operator seluler setempat.

Faktor kedua yang menyebabkan internet lelet adalah tingginya kebutuhan dari para pelanggan. Pada akhirnya perbandingan populasi, kebutuhan, dan kapasitas jadi tidak berimbang.

Sebenarnya kebutuhan yang tinggi akan internet tidak hanya di pulau Jawa saja. Permintaan data tertinggi ini juga terjadi di kota-kota besar lainnya di luar pulau Jawa. Seperti Batam, Bandar Lampung, Makassar, hingga Palembang.

Yang menarik, beberapa kota yang memiliki kecepatan internet tertinggi adalah Sorong (Papua Barat), Gorontalo, dan Ambon (Maluku). Ketiga kota tersebut memiliki kecepatan internet tertinggi dengan rata-rata di atas 11 Mbps.

Sumber Gambar : IDN Times

Sedangkan untuk kecepatan pengunduhan tertinggi berada di Pekanbaru dengan kecepatan rata-rata 5,9 Mbps.

Kota-kota di pulau Jawa, sayangnya, menempati urutan terendah. Yaitu Malang dan Bandung berada di posisi 14 dan 15 dari segi kategori kecepatan unduhan. Kemudian Yogyakarta menempati posisi ke 18 dan Jakarta di posisi paling rendah.

Jakarta hanya memiliki kecepatan unduhan 7,8 Mbps yang jauh lebih rendah 4 Mbps dibanding kota-kota yang menempati posisi di atasnya.Β  Sedangkan untuk kecepatan unggahan hanya memiliki kecepatan 3,5 Mbps.

Sebagai pusat pemerintahan dan bisnis, memang agak lucu kalau Jakarta punya internet lemot. Semoga saja di masa mendatang bisa ada penyesuaian yang lebih berimbang antara kebutuhan dan kapasitas koneksi internet.

Ya, tentunya supaya bisa wuswuswus.

More Stories
Server NAS Rp 3 Juta Bisa Dipakai di Rumah, Tapi Buat Apa?