Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Seberapa Cepat Internet Fiber Optik dan Apa Keuntungannya?

Anom Penulis

Fiber optik atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan serat optik menjadi salah satu penemuan teknologi yang menawarkan layanan internet di samping satelit. Fiber optik mempunyai bandwidth yang cukup besar untuk mengantarkan data lebih cepat dan lebih banyak daripada menggunakan kabel biasa. 

Seberapa cepat internet yang dialirkan oleh fiber optik?

Optik fiber ini sangat cepat. Kenyataannya fiber optik merupakan cara tercepat dalam mentransmisikan data ke rumah atau kantor.

popculture.id

Tapi seberapa cepatkah? Tentu saja, ada beberapa cara yang berbeda untuk mengukur kecepatan internet, tapi sebagian besar orang akan berpikir dengan mengetahui kecepatan download-nya. 

Ketika orang-orang berbicara seputar kecepatan internet, maka hampir dapat dipastikan mereka ingin tahu seberapa cepat koneksi internet mereka bisa melakukan download file atau memainkan sebuah video.

Ini tentunya akan tergantung dengan kecepatan download (atau bandwidth) koneksi Anda. Tapi percayalah, kalau fiber optik adalah pemenangnya dalam kategori ini. 

Sebagian besar para penyedia fiber optik di dunia menawarkan kecepatan hingga 1Gbps atau 1000 Mbps. Tapi ini tidak berarti batasannya hanya sampai segitu.

Sebab ternyata beberapa penyedia bahkan menawarkan kecepatan multi gigabit seperti rencana fiber Xfinity’s yang mencapai 2 Gbps atau 2000 Mbps. Bahkan Google sendiri memiliki kabel optik fiber bawah laut yang menghubungkan kawasan Amerika Utara dan Asia yang memiliki bandwidth sebesar 60 Tbps.

Jadi dapat dikatakan, tidak seperti teknologi-teknologi lainnya seperti DSL, fiber optik memiliki berbagai potensi yang masih belum dimanfaatkan. 

Untuk lebih jelasnya mari kita sama-sama melihat tabel di bawah ini yang berisikan informasi seberapa cepat layanan internet yang dihasilkan oleh fiber optik.

Tabel ini dirangkum dari website Apple.com.

tabel kecepatan internet fiber optik

Seperti yang sudah lihat pada tabel di atas, memakai koneksi internet cepat jadi sangat penting untuk sekarang ini, terutama kalau kamu senang menonton video atau men-download software.

Bahkan bisa dibilang men-download sebuah game video yang baru hampir mustahil tanpa memiliki koneksi internet yang memadai. 

Jika kamu ingin tahu seberapa cepatkah koneksi internet di rumah atau di tempat kerja, maka kamu bisa melakukan uji kecepatan internet. Jika kecepatan internet tidak sesuai dengan yang diharapkan, maka sudah saatnya kamu beralih ke CBN yang merupakan solusi tepat untuk koneksi  internet super cepat dengan harga yang sangat terjangkau. 

Perbandingan fiber optik dengan layanan internet lainnya

Berikut ini perbandingannya:

  • Fiber optik : hingga mencapai 10 Gbps
  • Koneksi kabel konvensional : antara 25 hingga 300 Mbps
  • DSL (Digital Subscriber Lines: antara 0,5 hingga 75 Mbps.
  • Satelit internet: antara 5 hingga 25 Mbps.

Keuntungan koneksi internet dengan fiber optik:

Sebenarnya terdapat cukup banyak keunggulan-keunggulan fiber optik jika dibandingkan dengan metode layanan koneksi internet lainnya.

Namun 4 (empat) faktor berikut ini adalah keunggulan yang paling utamanya sebagai berikut:

  1. Fiber optik mendukung level bandwidth yang sangat tinggi
  2. Fiber optik terbukti sangat aman
  3. Fiber optik tidak melibatkan listrik dalam mentransfer data sehingga akan aman untuk dipasang
  4. Fiber optik ternyata tahan akan fluktuasi air dan suhu udara

Nah, sekarang kamu sudah tahu seberapa cepat koneksi internet dengan fiber optik. Jadi, kalau kamu memang sering atau akan sering beraktivitas di internet, sudah jelas kamu harus mempertimbangkan memakai jaringan satu ini.

    %d blogger menyukai ini: