iOS 16 Bakal Bisa Bypass CAPTCHA, Kamu Gak Perlu Serba Salah Lagi

Anom Penulis

Di WWDC22, Apple mengumumkan fitur passkey di iOS 16. Fitur ini memungkinkan kamu masuk ke sebuah website tanpa password. Menariknya lagi, iOS 16 di iPhone juga akan memungkinkanmu mem-bypass CAPTCHA.

CAPTCHA merupakan tes melakukan sebuah tindakan untuk membuktikan bahwa pengguna bukanlah bot. Tindakan ini biasanya berupa mengetik kode angka dan huruf yang muncul di layar.

Beberapa website menerapkan uji CAPTCHA ini dalam proses masuk (login). Kebanyakan akan muncul setelah kita mengisi password. Namun, jujur saja, proses ini seringkali menyebalkan, karena tidak jarang kode selalu salah.

Lewat sebuah video di WWDC22, Apple menjelaskan proses ini melalui apa yang mereka sebut dengan Private Access Token.

proses bypass captcha ios 16

Hadir lewat iCloud, Private Access Token akan melakukan verifikasi bahwa Apple ID dan perangkat bersangkutan memang benar dan sah. Kemudian akan memberitahu aplikasi atau website bersangkutan.

Apple menunjukkan perbandingan proses ini pada iOS 15 dan 16. Pada iOS 15, pengguna masih harus mengetik angka dan huruf CAPTCHA. Sedangkan pada iOS 16, pengguna bisa melewati proses CAPTCHA seluruhnya.

Fitur Passkey yang memungkinkan pengguna masuk tanpa password merupakan usaha bersama antara perusahaan besar. Baik Apple, Google, dan Microsoft sudah bersepakat akan menetapkan standar otentikasi dari aliansi FIDO.

Untuk Private Access Token, Apple menyebutkan kalau Cloudflare dan Fastly juga akan mendukung fitur tersebut. Jadi aplikasi dan website yang menggunakan layanan mereka, bisa kamu akses tanpa proses CAPTCHA di iOS 16.

Di iPhone, fitur Privacy Access Token akan bisa kamu atur di Apple ID > Password & Security > Automatic Verification. Pada iOS 16 Beta pertama, fitur ini sudah secara otomatif aktif.

Apple juga menyebutkan kalau fitur yang bisa ini akan hadir pula di iPadOS 16 dan macOS Ventura. Sistem operasi bersangkutan akan meluncur ke publik mendekati akhir tahun ini.

Jika fitur ini hadir, tentu pengguna iPhone dan produk Apple akan senang. Belum ada informasi apakah Google akan menerapkan protokol serupa di Android.

    %d blogger menyukai ini: