iPad 9 dan iPad Mini 6 Resmi Meluncur Sajikan Spesifikasi Seru!

Tablet terbaru Apple, iPad 9 dan iPad Mini 6 akhirnya resmi meluncur dengan spesifikasi menarik, fitur-fitur baru dan desain yang lebih segar.

Pada tanggal 14 September, Apple sukses menggelar acara Apple Event. Dalam acara ini, perusahaan yang berbasis di Cupertino, California, Amerika Serikat itu memamerkan berbagai produk baru salah satunya jajaran tablet iPad 9 dan iPad Mini 6.

Bicara soal dua tablet ini, sebelum mereka resmi diumumkan, beragam desas-desus telah menyebar di internet. Contohnya iPad Mini 6 yang desainnya diduga mirip iPad Air Mini, punya bezel tebal, dll.

Karena sekarang keduanya sudah resmi diumumkan, kamu pasti penasaran dong, kira-kira seperti apa sih penampilan dan spesifikasi ‘final’ yang disajikan iPad 9 dan iPad Mini 6. Oke biar kamu nggak penasaran, yuk langsung kita cek saja!

iPad 9

iPad 9 hadir dengan super tipis dan ringan. Dia memakai layar Retina 10,2 inci dengan True Tone. Fitur ini mampu menyesuaikan konten layar dengan suhu warna ruangan, dan membuat gambar terlihat lebih alami.

Sumber : Apple

Dia ditenagai oleh chipset Apple A13 Bionic dengan kinerja 20% lebih cepat dari A12 Bionic. Tablet ini menawarkan penyimpanan 64GB dan 256GB. Dia juga dibekali Neural Engine meningkatkan performa ke tingkat lebih tinggi.

Soal kamera, tablet ini memboyong fitur Center Stage dari iPad Pro. Fitur ini bakal aktif di kamera depan ultrawide 12MP dan Neural Engine. Fitur ini bakal memfokuskan kamu di tengah layar, meskipun kamu sedang bergeser ke arah lain.

Tablet ini telah menggunakan iPadOS 15 yang punya segudang fitur anyar seperti multitasking lebih intuitif (Split View, Slide Over, dll), tata letak widget baru untuk Home Screen dan App Library, Quick Note, aplikasi Translate dengan fitur Auto Translate, Live Text, Focus dan fitur FaceTime yang lebih canggih.

iPad 9 bisa dipesan mulai hari ini di situs resmi Apple dan aplikasi Apple Store. Tablet ini akan tersedia pada tanggal 24 September 2021.

Sumber : Apple

Harganya bervariasi. Model WiFi dibanderol dengan harga $329, dan model WiFi + Mobile dibanderol $459. Kamu juga bisa membeli Apple Pencil Gen-11 secara terpisah dengan harga $99, Smart Keyboard seharga $159, dan Smart Cover seharga $49.

Oya, harga tersebut berlaku untuk Amerika Serikat. Kalau di Indonesia harganya mungkin sedikit berbeda.

iPad Mini 6

Tablet mini ini hadir dengan layar Liquid Retina 8,3 inci dengan bezel lebih tipis. Tablet ini menawarkan kecerahan 500 nits, gamut warna lebar P3, pelapis layar anti-reflektif, True Tone dan laminasi penuh. Hasilnya gambar jadi lebih hidup dan muncul langsung di permukaan kaca.

Oya, iPad Mini 6 nggak menggunakan tombol Home. Apple memindahkan Touch ID ke tombol atas iPad Mini. Fitur ini bisa kamu pakai untuk membuka kunci tablet, masuk ke aplikasi, dll.

iPad Mini 6 disokong chipset Apple A15 Bionic (80% lebih cepat dari pendahulunya). Dengan chipset ini kamu bisa main game-game berat, menjalankan aplikasi konten kreator, dan lainnya dengan lancar. Dia juga dibekali penyimpanan 64GB dan 256GB.

Sumber : Apple

Tablet ini juga dibekali fitur Machine Learning dengan Neural Engine. Fitur ini membuat tablet jadi lebih cerdas. Contohnya bisa mengenali teks dalam foto, menerjemahkan teks dari foto ke 7 bahasa berbeda, dll.

Sama seperti iPad 9, tablet ini juga punya fitur Center Stage dan kamera depan ultrawide 12MP. Fitur ini bakal membuatmu tetap fokus di tengah meski kamu bergeser ke arah lain (baik saat merekam video atau video call).

Di belakang kamu bakal menemukan kamera 12MP dengan Focus Pixels dan aperture lebih besar. Ada juga flash True Tone untuk menangkap gambar dalam cahaya rendah, dan Smart HDR untuk meningkatkan kualitas gambar.

Sumber : Apple

Untuk fitur lainnya, tablet ini mendukung konektivitas 5G. Dia juga mendukung fitur Wi-Fi 6, dibekali port USB-C, dan sudah menggunakan iPadOS 15.

Tablet ini mendukung Apple Pencil Gen-2, yang bisa menempel secara magnetik untuk mengisi daya dan pemasangan nirkabel. Ada juga aksesoris Smart Folio, sebuah penutup tablet yang lebih tipis dan ringan.

Smart Folio – Sumber : Apple

iPad Mini 6 bisa dipesan lewat situs Apple dan aplikasi App Store. Dia bakal tersedia mulai tanggal 24 September di Amerika Serikat.

Model WiFi dibanderol $499 dan varian WiFi + Mobile dihargai $649. Apple Pencil Gen-2 dibanderol $129, sedangkan Smart Folio dihargai $59 (semuanya adalah harga yang berlaku di AS).

%d blogger menyukai ini: