Mirip iPad Pro, iPad Air Terbaru Resmi Meluncur dengan Harga $599

iPad Air terbaru resmi meluncur dengan sejumlah fitur menarik. Tapi tunggu dulu, kok desain iPad Air mirip dengan iPad Pro? Hm, mari kita pastikan.

iPad Air telah ada sejak bertahun-tahun lalu. Tapi hampir setiap tahun Apple selalu memperbarui iPad Air. Jadi sampai sekarang, iPad Air sudah tersedia dalam berbagai generasi.

Terakhir iPad diluncurkan tahun lalu bersama iPad Mini. Kemudian tahun ini lewat acara Apple Event, iPad Air generasi terbaru akhirnya resmi meluncur. Apa saja perubahan yang dibawa tablet ini?

Berbagai Fitur Segar yang ada di iPad Air Terbaru

Dilihat dari desainnya, iPad Air keluaran tahun 2020 terlihat beda dengan generasi sebelumnya. iPad Air versi tahun lalu yang punya bezel atas bawah tebal, serta tombol untuk Touch ID.

Sementara iPad Air anyar punya bezel lebih tipis di semua layarnya. Bahkan banyak yang bilang, iPad Air kali ini sangat mirip dengan iPad Pro.

Desain iPad Air Terbaru
Sumber Gambar : Apple

Masih di layar, tablet ini menggunakan layar Liquid Retina berukuran 10,9 inci (2360 x 1640). Layar iPad juga sepenuhnya dilaminasi dengan dukungan True Tone dan lapisan anti-reflektif.

Oya, sensor sidik jari di tablet juga berbeda dengan versi dulu. Sekarang, sensor sidik jari telah dipindah ke tombol daya di bagian atas. Menjadikannya iPad pertama dengan biometrik di tombol daya.

Sensor Biometrik yang Ada di Tombol Daya
Sumber Gambar : Apple

Beralih ke dapur pacu, tablet ini juga mendapat perubahan besar. Sekarang, tablet juga telah memakai chip Apple A14 Bionic, RAM 64GB dan penyimpanan 128GB.

A14 Bionic adalah chip 5nm dengan CPU 6 core (two high, four low), dan 11.8 juta transistor. Lewat chip ini, iPad Air baru akan memiliki peningkatan kinerja sebesar 40% dibanding versi dulu. Karena didukung GPU 4 core terbaru, tablet ini juga punya peningkatan grafis yang cukup signifikan.

Kinerja Neural Engine iPad Air Terbaru
Sumber Gambar : Apple

Sebagai info tambahan, A14 Bionic adalah chip paling canggih yang pernah dibuat Apple. Selain kemampuan di atas, Apple juga telah membekali chip ini Neural Engine 16-core yang dapat melakukan hingga 11 triliyun operasi per detik.

Untuk interface-nya, tablet ini sudah memakai OS terbaru iPadOS 14. OS ini akan menghadirkan layar Multi-Touch lebih besar, Smart Selection dan fitur baru Scribble. Semua fitur iPadOS 14 tersebut berguna untuk menulis tangan, menggambar, atau kegiatan produktif lainnya.

Tampilan iPadOS 14 di iPad Air Terbaru
Sumber Gambar : Apple

Beralih ke konektivitas, tablet ini sudah lebih modern. Beda dengan iPad generasi 8 yang masih pakai Lighting Port, iPad Air 2020 justru sudah beralih ke USB Type-C. Selain itu, tablet ini mendukung fast-charging 20W dan transfer data 5Gbps.

Tablet ini juga menjanjikan konektivitas LTE 60% lebih cepat. Kecepatan internet tablet ini juga bakal lebih ngebut karena telah mendapat dukungan WiFi 6.

Kamera Belakang iPad Air Baru
Sumber Gambar : Apple

Di bagian kamera, tablet ini punya kamera belakang 12MP dengan peningkatan fitur stabilisasi video dan dukungan 4K. Sementara di depan ada FaceTime HD Kamera 7MP dengan smart HDR, serta dukungan untuk video 1080p 60fps.

Oya, iPad Air 2020 juga menghadirkan speaker stereo dalam mode lanskap.  Jadi kalian dapat menikmati suara stereo yang lebih luas sambil menonton video.

Speaker Stereo iPad Air Terbaru
Sumber Gambar : Apple

Secara keseluruhan, tablet ini memang agak identik dengan iPad Pro ya. Dari segi desain sampai spesifikasinya. Hanya saja, tablet ini tidak punya layar 120Hz, dukungan Face ID dan sensor kamera Lidar seperti di iPad Pro.

Walau begitu, tablet ini rasanya bakal cocok untuk kalian yang ingin iPad Pro versi ‘murah.’ Hehehe.

Harga dan Ketersediaan

Tablet anyar ini akan tersedia bulan depan dalam lima warna. Yakni Silver, Space Grey, Rose Gold, Green dan Sky Blue. Tablet ini akan dibanderol mulai dari $599.

Tablet ini juga mendukung Apple Pencil (Gen-2) yang dijual terpisah seharga $129. Lalu ada juga Magic Keyboard ($299) dan Smart Keyboard Folio ($179) yang dijual terpisah.

Sementara untuk Smart Folios tersedia dalam harga $79 (dijual terpisah). Item ini bisa kalian dapatkan dalam warna hitam, putih, biru tua, hijau cyprus dan pink citrus.

Khusus untuk pelajar, orang tua siswa, guru dan staf sekolah, mereka bisa dapatkan tablet ini dengan harga $549. Sementara Apple Pencil (Gen-2) seharga $119, Smart Keyboard Folio ($159) dan Magic Keyboard ($279).

Oya, di atas adalah daftar harga perangkat untuk negara Amerika Serikat. Walau biasanya harga di masing-masing negara berbeda, tapi setidaknya kalian bisa memakai harga di atas sebagai acuan.

%d blogger menyukai ini: