Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

iPad Generasi 8 Resmi Hadir dengan Fitur Baru & Harga Murah

Indri Penulis

Apple telah resmi mengumumkan iPad generasi 8. Tablet baru ini datang dengan tampilan dan fitur baru, serta harga yang lebih terjangkau.

iPad ini diluncurkan dalam acara Apple Event. Selain meluncurkan tablet iPad generasi delapan, Apple juga meluncurkan Apple Watch Series 6.

Sementara itu, tablet anyar ini disebut-sebut membawa sejumlah perubahan. Lalu apa saja perubahan dan kelebihan yang ditawarkan iPad generasi 8?

Inilah Berbagai Kelebihan dari iPad Generasi 8

Tablet ini punya desain lebih tipis dan ringan dibanding tablet entri pada umumnya. Membuat iPad anyar ini dapat mudah dibawa ke mana saja dan tidak makan ruang.

Bodi Tipis iPad Generasi 8
Sumber Gambar : Apple

iPad generasi delapan juga ramah lingkungan. Sebab penutup iPad memakai bahan 100% aluminium daur ulang, main logic board-nya juga pakai 100% timah daur ulang. Membuat tablet bebas zat berbahaya, hemat energi.

Soal performa, generasi kedelapan ini bisa dibilang sebagai iPad terkuat di segmen entry-level. Kenapa begitu? Karena iPad ini memakai chip A12 bionic yang telah ditingkatkan.

Chip ini mampu memberikan kinerja CPU 40% lebih cepat dan kemampuan grafis dua kali lipat. Hal ini membuatnya 2x lebih cepat dibanding laptop Windows terlaris, 3x lebih cepat dibanding tablet Android terlaris, dan 6x lebih cepat dibanding Chromebook terlaris. WOW!

iPad Generasi 8 untuk Main Game
Sumber Gambar : Apple

Ketangkasan tablet ini juga dipengaruhi oleh Neural Engine. Teknologi ini mampu meningkatkan kinerja iPad seperti menyempurnakan edit foto, pelacakan gerakan di aplikasi AR, kinerja Siri, dll.

Di bagian kamera, iPad generasi kedelapan ini punya sebuah kamera belakang berukuran 8MP. Kemudian di depan ada satu kamera dengan dukungan FaceTime HD.

Sementara dalam hal konektivitas, tablet ini mendukung jaringan LTE kelas gigabyte. Sayangnya, tablet ini masih pakai Lighting Port, belum USB Type-C.

Baca Juga:  Fitur Tersembunyi iOS 16 Yang Perlu Kamu Tahu

Walau begitu, tablet ini bisa dipakai untuk bekerja, belajar, atau aktivitas lain di luar ruangan kok. Sebab Apple mengklaim kalau baterai tabletnya mampu bertahan seharian.

Soal keamanan, iPad generasi delapan telah dibekali Touch ID. Jadi kalian bisa membuka iPad hanya dengan satu jari agar keamanan privasi tetap terjaga.

Perpaduan iPadOS 14 dan Apple Pencil
Sumber Gambar : Apple

Untuk sistem operasinya, tablet generasi delapan sudah pakai iPadOS 14. OS ini akan menghadirkan desain dan fitur baru seperti layar Multi-Touch lebih besar, Smart Selection, Scribble (fitur untuk menulis tangan di bidang manapun), dll.

Oya, tablet ini juga hadir dengan Apple Pencil (Gen-1). Perpaduan antara Apple Pencil, A12 Bionic dan kekuatan iPadOS 14, membuat iPad cocok untuk menggambar, membuat catatan, menandai dokumen, dll.

Tampilan iPadOS 14 yang Minimalis

Harga dan Ketersediaan

iPad generasi delapan telah tersedia di situs apple.com, dan aplikasi Apple Store di lebih dari 25 negara. Tablet ini mulai dipasarkan 18 September 2020.

Tablet ini dibanderol mulai dari $329 (AS) untuk model WiFi. Sementara untuk model WiFi + Mobile akan dibanderol $459 (AS). Tablet ini tersedia dalam warna perak, abu-abu dan emas dengan konfigurasi 32GB + 128GB.

Smart Keyboard dijual terpisah dengan harga $159. Apple Pencil (Gen-1) dijual terpisah seharga $99. Sedangkan Smart Cover untuk iPad tersedia dengan harga $49 untuk warna hitam, putih, biru tua, hijau chyprus dan pink citrus.

Khusus untuk institusi atau sekolah yang langsung membeli dari Apple, bisa mendapat iPad generasi delapan seharga $299. Sementara harga untuk siswa, orang tua siswa, guru, staf adalah sebesar $309.