Gebrakan Besar! iPadOS 16 Bakal Bikin Tampilan iPad Kayak Mac

Indri Penulis

Wah sepertinya tampilan iPad generasi terbaru akan berubah total. Pasalnya dengar-dengar iPadOS 16 bakal bikin iPad kayak Mac.

Dilansir dari Bloomberg, Apple Inc. akan mengumumkan perubahan signifikan di perangkat lunak iPad minggu depan di gelaran WWDC 2022. Menurut beberapa pihak, konon Apple bakal mengenalkan sistem perangkat lunak yang ‘lebih seperti laptop’ daripada ponsel.

iPadOS 16, calon perangkat lunak iPad terbaru, kabarnya nanti bakal punya tampilan multitasking yang didesain ulang. Dengan desain anyar ini, pengguna akan lebih mudah melihat aplikasi apa yang terbuka dan pindah aplikasi dengan mudah. Pengguna juga bisa mengubah ukuran jendela aplikasi, serta menangani beberapa aplikasi sekaligus.

Seperti yang kita tahu, saat ini pengguna iPad hanya bisa menjalankan aplikasi dalam tampilan layar penuh seperti di iPhone, atau menjalankan dua aplikasi secara berdampingan. Otomatis dengan adanya perubahan tampilan pada iPadOS 16 yang digadang-gadang mirip laptop, hal tersebut bakal meningkatkan multitasking pengguna.

ipados 16 mac

Di sisi lain, alasan kenapa Apple ‘cukup giat’ merombak iPadOS generasi terbaru mungkin cukup masuk akal. Pasalnya iPad berhasil menyumbang hampir 9% dari penjualan tahunan Apple. Menariknya, persentase tersebut sedikit naik dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir.

Tapi selain karena persentase angka penjualannya yang mengalami kenaikan, permintaan pengguna yang menuntut antarmuka agar lebih terasa seperti pengalaman laptop juga menjadi salah satu alasannya.

Yah walaupun dari segi performa, sudah ada beberapa iPad yang saat ini hampir setara dengan beberapa laptop Apple (karena sama-sama pakai chip M1), tapi tetap saja kalau dilihat dari segi perangkat lunak belum ada trobosan yang terlalu menonjol.

Oleh karena itu, antarmuka iPadOS 16 digadang-gadang akan menjadi salah satu peningkatan terbesar yang diumumkan Apple dalam acara WWDC 2022. Tapi selain iPadOS 16, Apple kabarnya juga siap mengumumkan pembaruan perangkat lunak untuk iPhone, Mac, Apple Watch, dan Apple TV.

Untuk iOS 16, Apple kabarnya juga merencanakan beberapa perubahan seperti layar kunci baru yang menampilkan widget. Apple juga siap menyegarkan aplikasi iHealth dan menambahkan fitur audio serta media sosial baru ke iMessage. Aplikasi yang didesain ulang untuk macOS juga akan hadir, termasuk perubahan pada System Preferences.

Buat Apple Watch sendiri, Apple bakal menghadirkan perubahan pada tampilan jam, navigasi sistem, dan beberapa aplikasi perangkat. Apple juga menyiapkan mode daya rendah baru yang memungkinkan pengguna ‘tetap bisa’ mengoperasikan perangkat walau masa pakai baterai hampir habis.

Wah jadi nggak sabar nih lihat berbagai perubahan yang disajikan Apple pada perangkat lunaknya. Kita tunggu saja WWDC 2022 yang digelar 6 Juni mendatang ya.

    %d blogger menyukai ini: