iPhone 12 Pro MAX dengan USB-C Pertama di Dunia Dijual di e-Bay

Indri Penulis

iPhone 12 Pro MAX dengan USB-C pertama di dunia kini dijual di e-Bay. iPhone tersebut dimodifikasi oleh perusahaan asal Slovakia, DEEP.

Sebagai pengguna iPhone, kamu mungkin bertanya-tanya, kenapa Apple sampai sekarang belum juga mengganti port Lightning di iPhone menjadi USB-C sesuai dengan standar universal. Ya kan?

Entahlah, padahal Apple sudah sempat didesak oleh Komisi Eropa agar mengganti konektor Lightning dengan USB-C pada September 2021 (tapi yah, sampai sekarang Apple masih betah memakai Lightning).

Walaupun sampai sekarang belum ada iPhone yang mendukung fitur USB-C ‘bawaan,’ namun bukan berarti iPhone dengan fitur USB-C tidak pernah ada.

Baru-baru ini sebuah perusahaan asal Slovakia, DEEP, berhasil memodifikasi iPhone 12 Pro MAX agar dapat berfungsi penuh dengan port USB-C.

Konten di atas merupakan video proses modifikasi iPhone 12 Pro MAX yang dilakukan oleh DEEP. Terlihat dalam videonya, setelah berhasil mencongkel ponsel hingga terbuka, mereka kemudian melepas rakitan kabel fleksibel port Lightning.

Setelah itu, DEEP melakukan pengukuran konektor USB-C agar kasing bisa dipasang ke iPhone 12 Pro MAX. Seperti yang kamu lihat, bekas port Lightning terlihat hampir nggak cukup untuk menampung colokan USB-C ke dalamnya.

Langkah selanjutnya, DEEP terlihat menggunakan sebuah kabel fleksibel yang dirancang khusus agar terkoneksi dengan port USB-C (mereka menerapkan chip MFi asli yang diambil dari perangkat lain). Kabel tersebut kemudian disolder ke rakitan fleksibel dan dipasang kembali pada perangkat, dengan wadah 3D print yang baru.