Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Lini iPhone 14 Hadir & Versi Pro Punya Kamera Depan Seru

Anom Penulis

Apple akhirnya memperkenalkan jajaran iPhone 14 Series terbaru pada Apple Event bulan September 2022. Ada empat ponsel baru yang muncul, yaitu iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.

Pengumuman Apple ini juga memberi konfirmasi pada rumor yang sebelumnya beredar. Seperti lubang kamera depan dengan tampilan visual pil panjang dan kembalinya varian ‘Plus.’

popculture.id

iPhone 14 dan iPhone 14 Plus

Gambar: Apple

iPhone tahun 2022 ini hadir dalam 2 ukuran berbeda, yaitu iPhone 14 dengan layar 6,1 inci dan iPhone 14 Plus dengan layar 6,7 inci. Keduanya tetap mempertahankan desain layar dengan notch.

Apple menyebut bahwa layar Super Retina XDR dengan panel OLED ini mampu memberikan kualitas HDR dengan kecerahan 1200 nits, rasio kontras 2.000.000:1, dan mendukung Dolby Vision.

Di sisi lain, kedua iPhone baru ini masih menggunakan chipset A15 Bionic, sama dengan generasi iPhone 13. Ini merupakan kali pertama Apple tidak memperbarui iPhone dengan chipset terbaru.

Walau begitu, chipset A15 yang ada di sini mendapat peningkatan. Ada tambahan GPU core di dalam chipset tersebut (dulu 5 core sekarang jadi 6 core).

gambar: Apple

Pembaruan pun hadir di bagian kamera. Kamera utama di belakang kini hadir dengan bukaan ฦ’/1.5 dan besaran pixel 1,9ยตm. Lampu kilat LED kini 10% lebih cerah dengan pancaran sinar lebih seragam. Begitu juga dengan TrueDepth kamera di bagian depan yang kini memiliki bukaan ฦ’/1.9 dan mendukung autofocus.

Dari sisi fitur pengolah gambar, Apple memperkenalkan Action Mode yang mampu meredam guncangan dan getaran saat merekam video. Lalu Cinematic Mode kini mampu merekam dengan kualitas 4K @ 30 fps dan 4K @ 24 fps.

Sama seperti Apple Watch, iPhone 14 Series juga mendapat fitur Crash Detection dan Emergency SOS via satelit. Keduanya bisa memanggil bantuan jika kita membutuhkannya di saat genting.

gambar: Apple

iPhone 14 dan iPhone 14 Plus akan tersedia dalam pilihan warna midnight, blue, starlight, purple, dan (PRODUCT)RED, dengan variasi kapasitas penyimpanan 128GB, 256GB, 512GB.

iPhone 14 memiliki harga $799 (Amerika) dan iPhone 14 Plus punya harga $899. Ketersediaan keduanya tergantung negara bersangkutan. Pada negara tertentu, iPhone 14 mulai tersedia pada 16 September, sedangkan iPhone 14 Plus pada 7 Oktober. Namun ada pula yang tersedia pada 23 September 2022.

iPhone 14 Pro dan Max

Gambar: Apple

Seperti rumor yang beredar, iPhone 14 Pro bersama versi Max-nya mendapat perubahan yang sangat menarik. Keduanya menggunakan lubang kamera di layar yang memiliki desain tampilan berbentuk pil panjang.

Apple menyebut desain ini sebagai Dynamic Island. Bidang warna hitam di sekeliling lubang kamera bisa berubah bentuk (memanjang atau membesar) untuk menampilkan notifikasi atau fungsi aplikasi.

gambar: Apple

Kedua versi Pro ini juga mendapat fitur Always-on Display di layar kunci. Jadi pengguna bisa melihat berbagai infomasi dan notifikasi penting secara sekilas.

Uniknya, Always-on Display ini bisa menampilkan wallpaper, tapi secara lebih redup. Tapi Apple menyebutkan kalau tampilan ini hanya menggunakan 1Hz refresh rate dan menggunakan konsumsi daya sangat rendah.

Gambar: iPhone

Bagaimana dengan kameranya? Keduanya kini menggunakan kamera utama berkualitas 48MP dengan sensor quad-pixel dan sensor-shift optical image stabilization. Dengan sistem seperti itu, gambar bisa lebih tajam dan stabil.

Selain itu, Apple juga memperkenalkan Photonic Engine untuk pengolahan gambar. Dengan teknologi ini, Pengambilan gambar pada kondisi cahaya menengah ke rendah bisa jadi jauh lebih baik.

Gambar: Apple

Sama seperti versi standar, kedua versi Pro ini pun mendapatkan fitur Crash Detection dan Emergency SOS via satelit.

Oya, berbeda dengan versi standar, iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max menggunakan chipset baru A16 Bionic. Chipset ini punya CPU 6 core (2 performa tinggi dan 4 efisiensi tinggi), GPU 5 core, dan Neural Engine 16 core.

gambar: Apple

Kedua varian Pro ini tersedia dalam pilihan warna deep purple, silver, gold, dan space black dengan variasi kapasitas penyimpanan 128GB, 256GB, 512GB, dan 1TB.

Harga iPhone 14 Pro adalah $999 (Amerika) dan iPhone 14 Pro Max adalah $1099 (Amerika). Ketersediaannya tergantung wilayah. Pada negara tertentu mulai tersedia pada tanggal 16 September, namun ada pula yang mulai tersedia pada tanggal 23 September 2022.

    %d blogger menyukai ini: