Gila! iPhone dengan USB-C Pertama di Dunia Terjual Rp 1,2 Miliar

Baru-baru ini viral iPhone dengan USB-C pertama di dunia terjual di situs eBay dengan harga Rp 1,2 miliar! Cek di sini buat tahu faktanya.

Sebenarnya ponsel ini sudah bertengger di situs eBay sejak pekan lalu. Namun dilansir dari situs MacRumors, dan sekarang akhirnya ponsel tersebut resmi terjual.

Ponsel ini berasal dari seri iPhone X. Nggak asli bikinan Apple, iPhone dengan USB-C ini adalah hasil dari modifikasi. Menariknya, ponsel tersebut terdaftar di situs eBay sebagai “iPhone USB-C Pertama di Dunia” dan berhasil terjual dengan harga $86.001 atau sekitar Rp 1,2 miliar.

Sumber : MacRumors

Usut punya usut, rupanya iPhone X ini dimodifikasi oleh Ken Pillonel, seorang mahasiswa robotika yang membagikan video tentang bagaimana ia berhasil melakukannya.

Sejak video tersebut diposting pada tanggal 1 November, video Ken Pillonel itu telah ditonton oleh lebih dari 600.000 kali dan langsung viral di media sosial.

Menariknya walau pun ini iPhone modifikasi, tapi rupanya minat masyarakat cukup tinggi lho. iPhone X ini tercatat bertengger di situs eBay selama 10 hari. Selama periode itu, ponsel ini telah memiliki total 116 penawaran dan 6 penarikan penawaran. Satu tawaran di awal minggu bahkan mencapai $99.000!

Lalu apa saja yang didapat pemenang lelang tersebut? Dia akan menerima iPhone model 64GB di dalam kotak aslinya. Hanya saja, dia nggak bakal menerima aksesoris apa pun.

Sebagai bonus, pemenang lelang bakal mendapatkan panggilan telepon selama 30 menit dari Pillonel, kalau dia punya pertanyaan seputar bagaimana iPhone USB-C pertama di dunia itu lahir.

Walau pun harganya fantastis, entah apa yang bikin orang-orang tertarik dengan ponsel modifikasi ini. Padahal kecepatan transfer data antara USB-C (yang mendukung USB 3.1) dengan Lightning sama-sama 10Gbps.

Hm, mungkin menurut mereka dengan adanya iPhone mendukung USB-C, mereka bisa lebih mudah bertukar charger dengan orang lain (khususnya pengguna ponsel Android yang mayoritas sudah mendukung USB-C).

Di sisi lain, selama ini Apple memang hanya menggunakan port USB-C untuk mengisi daya, data dan lainnya di perangkat iPad serta Mac.

Sedangkan iPhone selama ini masih memakai konektor Lightning, dan kemungkinan hal tersebut nggak bakal berubah dalam waktu dekat. Padahal sebelumnya Komisi Eropa sudah pernah membujuk Apple agar mengganti konektor Lightning dengan USB-C.

Tapi tetap saja sih, kalau menurut saya pribadi agak aneh. Dari pada uang Rp 1 miliar cuma buat beli iPhone hasil modifikasi, mending buat beli yang lainnya. Hahaha. Entahlah, pikiran orang kan berbeda-beda. Hahaha!

Gimana menurutmu?

%d blogger menyukai ini: