Download Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1441 H / 2020 M

menjelang magrib

Ramadhan sudah tiba. Umat Muslim pun menjalankan ibadah puasa. Tentu saja, hal ini juga lekat dengan waktu Imsak dan buka puasa. Di sini kami akan membantu memberi cara mengetahui dan mengunduh kalender jadwal puasa Ramadhan 1441 H atau di tahun 2020 M ini.

Bulan Ramadhan kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Saat ini, ketika pandemi coronavirus melanda, kita dianjurkan tetap berada di rumah atau melakukan swa-karantina. Dengan begitu, sosialisasi jadwal puasa yang biasanya dilakukan di masjid-masjid di saat Ramadhan pun mungkin akan sulit.

Waktu sahur, Imsak, maupun buka puasa berbeda di setiap lokasi. Untuk itu, mencari jadwal yang pas secara online pun bisa sedikit rumit.

Untungnya, Kementerian Agama punya solusi yang cukup jitu. Di sana kamu bisa mendapatkan jadwal resmi sesuai lokasi tempat tinggal atau tempat kamu berada.

Cara Mengetahui dan Download Jadwal Puasa

  1. Buka halaman Imsakiyah di Bimas Islam Kemenag RI.
  2. Tentukan propinsi.
  3. Tentukan kabupaten/kota.
  4. Tentukan tahun, dalam hal ini 1441 H / 2020 M.
  5. Tekan tombol Cari [icon name=”search” class=”” unprefixed_class=””], untuk memproses data.
  6. Situs akan menunjukkan waktu Imsak, waktu shalat, termasuk waktu matahari terbit.
  7. Kamu bisa mengunduh jadwal tersebut dengan menekan tombol download [icon name=”cloud-download” class=”” unprefixed_class=””].
    • Jadwal akan diunduh dalam format Excel
jadwal puasa 1441 H
gambar: Kemenag RI

Setelah kamu berhasil mengunduhnya, kamu tinggal membukanya di aplikasi Microsoft Excel. Kamu pun bisa mencetaknya untuk di pasang di rumah, agar semua anggota keluarga bisa melihatnya.

Nah, kalau kamu sedang berada di perjalanan, kamu juga bisa mengetahui waktu buka puasa hari itu secara online. Cara ini tentunya lebih ke perhitungan harian. Bukan kalender puasa satu bulan Ramadhan penuh.

Semoga cara di atas bisa membantu. Selamat menjalankan ibadah puasa. Jangan lupa tetap jaga kesehatan ya, gaes.

%d blogger menyukai ini: