Jeff Bezos Membangun Jam 10.000-Tahun

jeff bezos 10000 year clock

Pembuatan sebuah jam sedang berlangsung. Bukan jam biasa. Ini adalah sebuah jam khusus sebagai simbol pemikiran jangka panjang. Jam 10.000 Tahun. Dan Jeff Bezos berdiri di belakangnya.

Cara berpikir seorang milyuner jelas berbeda dengan orang biasa seperti kita. Apalagi kalau milyuner itu juga seorang visioner. Mungkin kita tidak bisa membayangkan apa yang ada di benak mereka.

Sebelum ini kita sudah melihat Elon Musk yang meluncurkan mobil ke Mars. Sebuah mobil Tesla Roadster dengan sopir boneka manekin (yang dinamai Starman) bertualang di angkasa luar. Tidak ketinggalan pula, lagu David Bowie yang berjudul “Space Oddity” diputar terus menerus menemani perjalanan Starman (walau di angkasa luar tidak terdengar). Luar biasa.

Kisah serupa datang dari milyuner lain. Jeff Bezos, bos Amazon dan Blue Origin, sedang membantu membangun sebuah jam khusus yang disebut 10.000 Year Clock atau Jam 10.000 Tahun.

If a Clock can keep going for ten millennia, shouldn’t we make sure our civilization does as well?

Apa kamu pernah mendengar soal atomic clock? Jam jenis ini bisa menghitung waktu berjuta kali dalam satu detik. 10.000 Year Clock boleh dibilang melakukan kebalikannya.

10.000 Year Clock berdetik hanya sekali dalam satu tahun. Jarum abad akan bergerak sekali setiap 100 tahun. Lalu, akan ada burung kukuk yang muncul setiap 1000 tahun sekali. Akhirnya, jam ini akan berfungsi selama 10.000 mendatang.

 

jam 10000 tahun

10.000 Year Clock merupakan hasil pemikiran Danny Hillis. Pada tahun 1986, ia memiliki ide ini sebagai cara manusia berpikir tentang masa depan. Selama sepuluh tahun, Danny Hillis dan Long Now Foundation merancang jam ini. Akhirnya proyek ini menjadi nyata.

Jeff Bezos berinvestasi sebesar 42 juta Dollar di proyek ini. Mereka pun membangun jam ini di sebuah bukit di Sierra Diablo, Amerika, yang dimiliki oleh Amazon. Di dalam bukit ini juga dibuat 5 ruang yang disebut Anniversary Chambers: 1 tahun, 10 tahun, 100 tahun, 1000 tahun, dan 10.000 tahun.

prototipe 10000 year clock

Membuat dan menjalankan proyek sepanjang 10.000 tahun jelas bukan langkah mudah. Long Now Foundation menyebutkan bahwa tantangan terbesarnya adalah pengunjung yang akan datang melihat. Ada kemungkinan beberapa hal dicuri, anak-anak berlarian dan memanjat, belum lagi hacker yang ingin menguji kemampuan jam ini.

Dengan begitu, mereka menyerahkan sebagian tugas pada generasi mendatang. Sebagai contoh, animasi di dalam ruang perayaan 100, 1000, dan 10.000 tahun belum dibuat. Ini adalah tugas generasi mendatang. Bahkan mereka pun mengajak kita berpikir untuk animasi jam di perayaan 10 tahun.

[irp posts=”41625″ name=”Lilium: Pesawat Jet Listrik sebagai Transportasi Masa Depan”]

Ini jelas sebuah proyek ambisius. Tidak banyak orang berpikir jauh ke depan. Bahkan para pemimpi pun tidak semua bisa merealisasikannya.

Mungkin milyuner seperti Elon Musk dan Jeff Bezos adalah sedikit yang mampu melakukannya. 10.000 Year Clock tidak hanya sebuah proyek masa depan yang menjadi nyata. Tapi juga menjadi perangkat untuk mengingatkan kita. Seperti kalimat di website Long Now Foundation, jam ini akan terus bertanya: “Apakah kita sudah jadi nenek moyang (pendahulu) yang baik?”.

Kamu bisa membaca soal Jam 10.000 Tahun atau 10.000 Year Clock ini di website resminya atau di website Long Now Faoundation.

%d blogger menyukai ini: