Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Jelang WWDC, Apple Hapus Konten Media Sosial iTunes

Anom Penulis

Menjelang WWDC 2019, Apple menghapus konten media sosial iTunes, seperti di Facebook Page dan Instagram. Rumor menyebutkan Apple akan mengakhiri merk iTunes setelah aktif selama 18 tahun.

Berita ini pertama kali muncul di forum apple Reddit. Apple disebut menghapus konten di Facebook iTunes, termasuk status, foto, dan juga video.

popculture.id

Hal ini kelihatannya terjadi dalam waktu 24 jam terakhir. Karena dari cache-nya, Facebook Page iTunes masih memiliki konten sampai tanggal 31 Mei.

Dugaan selanjutnya, Apple telah memindahkan konten itu ke Facebook Page Apple TV. Bahkan, sampai ke hitungan ‘Like’ (saat ini FB Page iTunes sudah berkurang jumlahnya), dan tanggal pembuatannya.

halaman media sosial facebook itunes
Apple hapus konten Facebook Page iTunes

Hal yang sama juga terjadi di Instagram. Apple sudah menghapus semua foto dan video dari profil iTunes di Instagram. Hampir serupa dengan di Facebook, Apple mengarahkan pengunjung ke situs resmi Apple TV.

Yang menarik, konten akun resmi iTunes di Twitter masih ada. Paling tidak untuk saat ini. Tapi tiga cuitan terakhir adalah ReTweet dari akun Apple TV di Twitter.

Apple menghapus konten iTunes di Instagram

Kenapa Apple menghapus konten media sosial iTunes menjelang WWDC 2019?

Hal ini berhubungan dengan rumor bahwa Apple akan mengganti aplikasi iTunes di macOS dengan aplikasi independen dari Apple Music, Apple TV, dan Podcast. Apple disebut akan menggantinya di versi terbaru macOS tahun ini, yang akan diumumkan di WWDC 2019.

Dalam perkembangannya, iTunes sering mendapat kritik pedas sebagai aplikasi yang terlalu penuh dari sisi fungsi. Apakah ia aplikasi musik? Media player? Bursa? iPhone manager?

Hal ini membuatnya berat, tidak efisien, dan tidak jelas. Jadi, membagi fungsinya ke beberapa aplikasi terpisah merupakan langkah yang logis.

Walau belum ada informasi yang lebih detil, kelihatannya proses peralihan dari iTunes ke aplikasi lain akan berjalan secara bertahap. Aplikasi iTunes juga tidak akan langsung hilang begitu saja. Tentunya, karena berkaitan dengan akun pengguna dan berbagai pembelian yang telah terjadi.

    %d blogger menyukai ini: