Cara Taruh Jendela Aplikasi Windows di Tengah Layar Dengan Mudah

jendela aplikasi windows 10

Apa kamu sering merasa repot mengatur jendela aplikasi di komputer Windows? Jendela aplikasi sering mencelat sendiri? Hm, mungkin kamu bisa coba cara mudah meletakkan posisi jendela aplikasi Windows di tengah berikut ini.

Secara bawaan, Microsoft melengkapi Windows 10 dengan berbagai cara mengatur posisi jendela aplikasi. Namun sayangnya, tidak ada yang membuat jendela aplikasi ada di posisi tertentu. Yah, macOS pun sebenarnya sama saja.

Seperti yang pernah saya bahas di cara mengatur jendela aplikasi di macOS, untuk melakukannya kita butuh aplikasi tersendiri. Hal yang sama untungnya juga bisa berlaku di Windows (tentu aplikasinya berbeda).

Aplikasi untuk Posisi Jendela Windows

Untuk bisa segera meletakkan jendela aplikasi Windows di tengah layar dengan mudah, kamu membutuhkan aplikasi yang bernama Windows Centering Helper. Aplikasi ini merupakan buatan Kamil Szymborski dan bisa kamu gunakan secara gratis.

Jadi langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi itu di situs milik Kamil. Kemudian, install aplikasi itu di komputermu.

Setelah kamu memasang aplikasi itu, kamu sebenarnya sudah bisa meletakkan posisi jendela aplikasi di tengah secara otomatis dengan menekan tombol Shift Kiri sebanyak tiga kali.

Tapi kalau kamu ingin mengatur pilihan tombol atau posisi jendela sesuai keinginanmu, kamu bisa membuka aplikasi ini baik lewat Start Menu atau di Taskbar.

Di sana kamu bisa mengatur apakah posisi jendela akan berada di tengah layar secara otomatis, mengatur ukuran jendela, dan mengatur pilihan tombol beserta perilakunya (secara bawaan adalah Shift Kiri 3 kali).

Kalau sudah, sekarang kamu sudah bisa meletakkan posisi jendela aplikasi Windows di tengah dengan mudah. Kalau ingin mengetengahkan tinggal tekan shortcut saja. Maka jendela aplikasi akan segera pindah ke tengah layar.

Selamat mencoba!

%d blogger menyukai ini: