5 Tips untuk Mengatur Jendela Aplikasi di Mac

mengatur jendela aplikasi mac

Saat menggunakan komputer, kita sering membuka banyak aplikasi. Tanda sadar, berbagai jendela atau window aplikasi memenuhi layar monitor. Berikut ini, ada beberapa tips untuk mengatur jendela aplikasi Mac.


Baca juga: Bagaimana Menampilkan Scroll Bar di Mac Secara Permanen


Mengubah ukuran jendela aplikasi Mac

Untuk mengubah ukuran window, biasanya kita hanya menggeser salah satu sudut sampai menemukan ukuran yang kita inginkan. Tapi ada cara lain untuk mengubahnya dengan kondisi tertentu.

  • Tekan¬†tombol Option¬†sambil menggeser salah satu sisi untuk menggeser dua sisi bersamaan.
  • Tekan¬†tombol Shift¬†untuk mengubah ukuran window dengan proporsi yang sama. Posisi jendela tergantung dari sisi mana ia digeser.
  • Tekan tombol Shift + Option untuk mengubah ukuran windows dengan proporsi yang sama dan dengan poros di tengah.

Minimize windows dengan cepat

Kita bisa menyembunyikan jendela — atau minimize window — yang aktif dengan cepat, tanpa harus klik tombol minimize¬† di sudut kiri atas.

  • Gunakan Command + M untuk menyembunyikan jendela yang aktif di layar.
  • Gunakan Option + Command + M¬†untuk menyembunyikan semua jendela dari aplikasi yang sama (akan lebih terasa di¬†dual monitor¬†atau lebih), dan akan memulihkan aplikasi di layar yang aktif kalau kita klik ikon aplikasi di Dock.
  • Gunakan Command + H¬†untuk menyembunyikan semua jendela dari aplikasi yang sama, dan akan memulihkan semua jendela kalau kita klik ikon aplikasi di Dock.
  • Gunakan Command + Alt + H untuk menyembunyikan jendela yang tidak aktif di layar.

Maximize window tanpa masuk mode fullscreen

Dalam kondisi normal, yang terlihat di pojok kiri atas jendela aplikasi Mac adalah tombol fullscreen , bukan tombol maximize . Untuk menampilkan tombol maximize Mac, kita harus menekan tombol Option di keyboard.

Ada dua kombinasi yang bisa dilakukan.

  • Kombinasi¬†Option +¬†klik¬†maximize.
  • Kombinasi¬†Shift + Option + klik maximize.

Perhatikan: Kombinasi ini bisa berbeda di tiap aplikasi. Di aplikasi bawaan Mac (Finder, Safari, dll), keduanya tidak berbeda. Tapi di Chrome, Option + Klik akan membesarkan jendela aplikasi secara vertikal, dan Shift + Option + Klik akan membesarkan jendela memenuhi layar.


Baca juga: Cara Mengatur dan Menghapus Ikon di Menu Bar Mac


Menutup window dengan cepat

Sama seperti menyembunyikan jendela, kita juga bisa langsung menutup jendela aplikasi dengan cepat, tanpa harus klik tombol close  di sudut kiri atas.

  • Gunakan Control + W untuk menutup jendela aplikasi yang aktif di layar.
  • Gunakan Command + Option + W untuk menutup semua jendela aplikasi yang sama di dual monitor (atau lebih).

Perhatikan: Untuk aplikasi tertentu, menutup jendela juga berarti menutup aplikasi (hilang dari Dock). Secara umum, untuk menutup aplikasi yang digunakan adalah Command + Q.

Menggunakan dua jendela aplikasi berjejer (split view)

Sejak OS X El Capitan, pengguna Mac bisa menggunakan dua jendela aplikasi secara berjejer, atau istilah kerennya split view atau split screen. Ketika menggunakan fitur ini, kedua jendela aplikasi akan berada dalam kondisi fullscreen.

  1. Tekan dan tahan tombol fullscreen  (di tempat tombol maximize).
  2. Jendela aplikasi yang aktif akan mengecil, geser jendela ke salah satu sisi layar (sisi yang aktif akan dikotak biru).
  3. Lepas tombol, lalu klik jendela aplikasi lain untuk memasang di sisi satunya.

Atau bisa juga dengan menggunakan Mission Control.

  1. Gunakan salah satu aplikasi dalam mode fullscreen (tekan tombol ).
  2. Tekan Mission Control di Dock atau swipe ke atas dengan empat jari.
  3. Geser jendela aplikasi yang aktif ke fullscreen desktop aplikasi sebelumnya di bagian atas Mission Control. Thumbnail desktop tersebut akan menunjukkan dua bidang kanan kiri (yang aktif dengan kotak biru).

Perhatikan: Aplikasi yang tidak mendukung split view akan menampilkan tombol maximize , bukan fullscreen .

Saat dalam mode split view, ada beberapa hal yang bisa dilakukan:

  1. Geser garis di tengah untuk mengubah ukuran lebar bidang split view.
  2. Geser jendela bidang aplikasi yang aktif ke sisi lain (tekan dan geser toolbar aplikasi) untuk menukar posisi bidang. Kalau toolbar tidak terlihat, arahkan kursor ke bagian atas aplikasi.

Untuk keluar dari mode split view, arahkan kursor ke bagian atas aplikasi untuk mengakses toolbar, lalu klik tombol , atau tekan kombinasi Control + Command + F.


Baca juga: 18 Aplikasi Mac Utility Yang Layak Diperhatikan


Demikian beberapa tips untuk mengatur jendela aplikasi Mac. Memang cukup banyak fungsi yang tersembunyi di sebuah sistem operasi. Tidak hanya di Mac — baik OS X maupun macOS — tapi juga di Windows. Toh¬†tiap sistem operasi memiliki cara uniknya sendiri.

Tiap aplikasi pun bisa memiliki fungsi pengaturan jendela yang berbeda. Jadi cukup wajar kalau fungsi seperti ini sering terlewati.

Yah, semoga tidak ada yang ketinggalan. Kalau ada, nanti akan saya tambahkan. Selamat menempuh hidup baru.

More Stories
4 Emulator GBA Terbaik untuk PC