8 Jenis Media Untuk Interaksi Sosial Yang bIsa Kamu Kenali di Internet

foodporn
Foto: rue ????

Secara umum jejaring sosial atau media sosial sering diasosiasikan dengan Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, dll. Padahal kalau kita pikir lebih jauh, ada jenis media sosial online lain.

Kalau baca di Wikipedia, layanan jejaring sosial adalah situs yang memfasilitasi hubungan sosial antara orang yang punya ketertarikan, latar belakang, atau hubungan di dunia nyata yang sama.

Dari deskripsi itu, sebenarnya ada banyak sekali situs atau layanan yang bisa dianggap sebagai jejaring sosial. Sebagai contoh, di forum Kaskus kamu bisa berinteraksi dengan pengguna lain yang punya minat sama. Bahkan di blog ini pun kamu bisa berdiskusi dengan pembaca lain.

Untuk itulah, kami akan mengajak kamu melihat jenis media interaksi sosial online yang ada. Apa gunanya? Yah, kamu bisa menemukan media yang lebih sesuai dengan karaktermu, kamu bisa memanfaatkannya untuk mengembangkan potensi, atau sekedar memuaskan rasa ingin tahu.

BACA JUGA
Aplikasi Apa yang Menggunakan Akun Email dan Media Sosial Milikmu?

1. Jejaring Sosial

Jenis media sosial pertama adalah yang secara umum kita kenal. Di sini kamu bisa berbagi status, foto, video, dll. Beberapa malah punya fitur lebih banyak lagi.

Yang layak kamu perhatikan di sini adalah koneksi antar pengguna—baik personal maupun bisnis—sangat kental di sini. Tidak heran, beberapa merk terkenal memanfaatkannya sebagai media promosi dan layanan konsumen.

Contoh: Facebook, Twitter, LinkedIn, Google+

2. Media untuk Konten Visual dan Audio

Pada dasarnya, jenis media sosial ini sama dengan yang pertama. Tapi, jenis media sosial ini meletakkan konten visual sebagai pusat perhatian. Apakah itu foto, audio, atau video, baik secara live maupun sudah direkam sebelumnya.

Di media yang fokus pada konten visual, tentunya kamu bisa menunjukkan dirimu dengan lebih baik. Apalagi kalau kamu seorang profesional (punya karya) atau punya bisnis online (punya produk). Sedangkan untuk yang berbagi dalam bentuk audio, kamu bisa menunjukkan lagu buatanmu atau membuat review dalam bentuk podcast.

Contoh: Instagram, YouTube, Snapchat, SoundCloud.

3. Forum Diskusi

Media ini punya bentuk yang khas. Kamu bisa memilih dan masuk ke “ruang-ruang” yang punya basis minat lebih spesifik. Di sana, kamu bisa berbagi banyak hal dan berdiskusi lebih jauh.

Yang menarik dari forum adalah kamu bisa bertemu dengan pengguna yang pasti tertarik ke suatu hal. Kalau kamu masuk ke forum bola, atau lebih spesifik lagi ke forum klub sepak bola, sudah pasti mereka adalah fansnya.

Contoh: Reddit, Quora, Kaskus.

4. Media Sosial Sesuai Minat

Media sosial ini hadir secara khusus untuk pengguna dengan minat tertentu. Biasanya, media ini juga punya unsur rating atau review. Sebagian lain menunjukkan konten asli (buatan pengguna) sehingga bisa mendapat masukan lebih jauh dari pengguna lain.

Seperti juga forum, kamu bisa bertemu dengan orang-orang yang punya minat khusus. Misalnya penggemar film, mereka yang hobi baca buku, dll.

Contoh: GoodReads, Letterboxd, LastFm.

BACA JUGA
6 Media Sosial Khusus Berdasar Hobi

5. Bookmark dan Kurasi Konten

Di sini, kamu mengumpulkan dan berbagi hal-hal yang kamu temukan di internet. Entah itu produk yang lucu, foto menarik, berbagai tips, dll. Kamu juga bisa menatanya dalam tema atau kategori.

Media ini cukup seru untuk mengumpulkan dan berbagi referensi. Tiap orang punya petualangan di internet yang berbeda. Ini yang membuatnya menarik.

Contoh: Pinterest, We Heart It, Designspiration.

6. Media Review Konsumen

Media ini meletakkan review dan rating pengguna sebagai fokus utamanya. Konten yang ada juga berhubungan dengan bisnis, layanan atau tempat. Kamu bisa memberi opini dan membantu pengguna lain dalam menentukan pilihan.

Media ini tentunya berguna bagi kedua belah pihak, baik pemilik usaha maupun pengguna. Pemilik usaha bisa meningkatkan layanan berdasar masukan dari pengguna.

Contoh: Yelp, TripAdvisor, FourSquare. Google Maps juga punya sisi ini walau lebih mengutamakan fungsi peta.

7. Blog

Ya. Di blog, kamu bisa membuat, membaca, dan memberi komentar artikel yang ada. Blog adalah media yang bagus untuk menyatakan opini secara detil. Sebagian besar media di internet mungkin terdiri dari blog (termasuk UrbanDigital).

Menulis sering disebut sebagai dasar untuk membuat konten lain. Kalau kamu bisa menulis dengan baik, maka membuat konten video, komik, bahkan film bukanlah suatu masalah. Blog merupakan media yang cocok untuk berlatih maupun untuk membuat rilis secara profesional.

Contoh: WordPress, Medium, Tumblr.

8. Aplikasi Chatting

Mungkin kamu heran melihat yang satu ini. Kalau kamu perhatikan, beberapa aplikasi chatting sudah bukan sekedar untuk ngobrol bersama teman saja. Beberapa sudah menerapkan sistem channel yang memungkinkan broadcast secara umum atau untuk tema tertentu.

Media ini tentunya memberikan sesuatu yang lebih personal. Terutama karena basisnya adalah kegiatan ngobrol.

Contoh: LINE, Telegram, Discord, Slack.

BACA JUGA
5 Aplikasi Chatting Terbaik dan Paling Populer

Itulah beberapa jenis media sosial yang bisa kamu dapatkan di internet. Yah, paling tidak kalau kita lihat berdasar definisi yang ada.

Kalau kamu hanya sekedar ingin bertemu teman saja, media sosial yang umum seperti Facebook atau Instagram sudah mencukupi. Tapi kalau kamu punya kepentingan tertentu, tidak ada salahnya mencoba beberapa jenis media sosial lain. Tentunya pilih yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Ada komentar?