Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Kacamata AR “OPPO Air Glass 2021” Tampil Lebih Canggih dan Elegan

Indri Penulis

OPPO resmi pamerkan kacamata AR-nya “OPPO Air Glass 2021.” Apa yang menarik dari produk ini? Lalu apa yang membuatnya beda dari kacamata AR lain?

Acara OPPO INNO DAY 2021 akhirnya resmi digelar. Acara ini dilangsungkan tanggal 14 – 15 Desember 2021. Hari pertama sudah selesai dirampungkan.

Ada beberapa pengumuman penting yang disampaikan OPPO di hari pertama acara. Salah satunya adalah mengumumkan kacamata AR mereka yang bernama “OPPO Air Glass 2021.”

Fitur Menarik “OPPO Air Glass 2021”

OPPO Air Glass 2021 adalah kacamata AR yang menampilkan berbagai informasi ‘langsung di depan mata’ penggunanya. Jadi cara kerjanya mirip seperti proyektor mini di depan mata. Air Glass 2021 adalah produk kacamata AR ketiga OPPO. Boleh dibilang, versi 2021 ini desainnya jauh lebih bagus dari pendahulunya (lebih ramping juga).

Kacamata ini terdiri dari dua bagian. Bagian pertama adalah bingkai yang berfungsi untuk menampung komponen canggih seperti chipset Snapdragon Wear 4100 (untuk penggunaannya ia harus diisi daya terlebih dulu). Sedangkan bagian yang kedua adalah lensa biasa.

Btw sebelum saya bahas soal fitur-fitur canggih yang ada di dalamnya, sebenarnya kalau boleh jujur, kacamata ini langsung mengingatkan saya dengan desain “Scouter.” Itu lho, kacamata yang sering dipakai tentara Frieza di serial anime “Dragon Ball.” ^_^

Ya nggak sih? Coba kamu lihat, Air Glass punya lensa tambahan yang bisa ditempelkan ke bingkai utama kacamata. Saat sudah merekat dengan bingkai kacamata, bukan kah ia terlihat mirip dengan Scouter? Ya, cuma bedanya, warna layar Air Glass berwarna agak gelap. Sedangkan warna layar Scouter bisa diatur sesuai selera.

Oke. Kita tinggalkan desain Air Glass 2021 yang cukup mirip dengan Scouter. Sekarang kita bahas soal fitur-fitur canggih yang disajikan Air Glass 2021.

Baca Juga:  Bocoran Kamera OPPO Find X6 Series Pakai Triple-Camera 50MP

Sebelumnya saya menyebutkan kalau Air Glass 2021bisa menampilkan informasi di depan mata, layaknya proyektor mini. Nah, untuk menampilkan informasi langsung di depan mata, kacamata ini memanfaatkan monocular waveguide dan Spark Micro Projector bikinan OPPO, yang dipadukan dengan teknologi mikro-LED untuk memproyeksikan informasi lewat lensa five-element glass lenses.

Menariknya, Spark Micro Projector termasuk proyektor yang paling ringkas di industri kacamata AR. Pasalnya ia cuma berukuran 0,5cc alias seukuran bici kopi. Dipadukan dengan teknologi micro-LED, proyektor ini mampu mencapai tingkat kecerahan tinggi walaupun ukurannya mini.

Air Glass 2021 juga dibekali optical diffraction waveguide yang dibuat khusus dengan dua mode tampilan yakni 16-level greyscale dan 256-level greyscale. Fitur ini membuatnya mampu menghasilkan kecerahan rata-rata sampai 1400n nits. Hasilnya setiap informasi yang ditampilkan kacamata akan tetap terlihat, nggak peduli gimana kondisi pencahayaan di sekitar.

Satu pertanyaan penting, gimana sih cara menavigasikan kacamata AR ini. Gampang kok. Kamu bisa mengontrol Air Glass 2021 dengan sentuhan, suara, gerakan tangan (saat dipasangkan dengan OPPO Watch 2), atau gerakan kepala. Misalnya, anggukan atau gelengan kepala bisa digunakan untuk membuka dan menutup aplikasi.

Bicara soal aplikasi, Air Glass 2021 bisa menampilkan banyak aplikasi lho. Contohnya aplikasi Weather, Calendar, Health, Navigation, atau Teleprompter, yang memungkinkan pengguna melakukan presentasi secara praktis di mana saja.

Satu lagi fitur yang nggak kalah keren dari kacamata ini. Dia telah dibekali fitur terjemahan built-in. Fitur ini memungkinkan kacamata menerjemahkan kalimat dari lawan bicara pengguna secara real-time. Misalnya kamu sedang ngobrol dengan temanmu dari China, kacamata ini akan menerjemahkan kalimat yang ia ucapkan ke bahasa Inggris (atau sebaliknya).

Baca Juga:  Catat Tanggalnya, OPPO Find X5 Series Rilis Tanggal 24 Februari 2022

Untuk saat ini pilihan bahasa yang bisa diterjemahkan Air Glass 2021 hanya Bahasa Inggris ke China (atau sebaliknya). Sedangkan pilihan bahasa Jepang dan Korea akan tersedia di kemudian hari.

Sementara itu, Air Glass 2021 akan diluncurkan di China pada Q1 tahun 2022. Ia akan tersedia dalam warna White dan Black dengan dua pilihan bingkai, yakni bingkai setengah perak dan hitam penuh.

Oya, untuk pemakaiannya, Air Glass 2021 membutuhkan aplikasi pendamping Smart Glass. Kacamata ini kompatibel dengan OPPO Watch 2 dan semua ponsel OPPO yang menjalankan ColorOS 11 atau versi yang lebih baru.